Round-Up

Salat Id di Rumah Saja Terus Digaungkan di Tengah Wabah Corona

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 09:06 WIB
Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerbitkan fatwa mengenai panduan salat Idul Fitri saat pandemi Corona. Salat Id bisa dilakukan berjemaah atau sendiri-sendiri.
Foto: Getty Images/Ulet Ifansasti
Jakarta -

Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi tiba. Seruan-seruan agar masyarakat salat Idul Fitri di rumah saja terus digaungkan di tengah suasana pandemi virus Corona.

Dirangkum detikcom, Jumat (22/5/2020), seruan untuk salat Id di rumah datang dari berbagai pihak. Mulai dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin hingga Menko Polhukam Mahfud Md.

Berikut rangkumannya:

1. Wakil Presiden Ma'ruf Amin

Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta masyarakat tak menggelar salat Idul Fitri di masjid atau lapangan. Sebab, menurutnya, hal itu dikhawatirkan terjadinya risiko penularan virus Corona.

"Pemerintah meminta supaya masyarakat dalam merayakan Idul Fitri dilakukan di rumah, tidak di masjid ataupun di lapangan terbuka, karena situasi keadaan negara kita masih menghadapi bahaya COVID-19, oleh karena itu masih perlu adanya mencegah terkumpulnya massa yang banyak untuk mencegah penularan COVID-19," kata Ma'ruf dalam saluran YouTube BNPB, Kamis (21/5).

Ma'ruf juga menyampaikan permohonan maaf pemerintah karena Corona belum hilang dari Indonesia. Ma'ruf lalu mengungkapkan alasan virus Corona belum hilang di Tanah Air.

"Kami pemerintah mohon maaf karena memang bahaya belum hilang, bahaya Corona ini belum hilang. Untuk menghilangkan ini bukan sesuatu yang mudah karena Indonesia ini selain Corona juga merupakan virus yang sulit dihadapi, kita bangsa Indonesia itu memiliki jumlah penduduk yang besar dibanding negara-negara ASEAN lainnya, dan wilayah kita juga sangat luas dari Sabang sampai Merauke, ini juga kesulitan tersendiri," ujar Ma'ruf.

Tonton video MUI: Salat Jumat Saja Boleh di Rumah, Apalagi Salat Id yang Sunnah:

Selanjutnya
Halaman
1 2