detik Kutum

Kultum Ustaz Hanan Attaki: Tanda Keberhasilan Puasa

Eny Kartikawati - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 15:53 WIB
ustaz hanan attaki
Foto: Instagram hanan_attaki
Jakarta -

Ramadhan sudah mau berakhir, bagaimana puasa kamu? Ustaz Hanan Attaki melalui detik Kultum mengungkap tanda-tanda yang menunjukkan keberhasilan puasa selama 30 hari ini.

[Gambas:Video 20detik]

Menurut Ustaz Hanan Attaki, sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Fath ayat 29, segala suatu ada tanda-tandanya. "Tanda-tanda di wajah mereka ada di bekas-bekas sujud mereka," demikian terjemahan ayat tersebut.

Seperti salat, puasa juga memiliki bekas tanda yang muncul ketika kita berhasil melakukannya selama 30 hari ini. Dari mana kita tahu Ramadhan yang sudah hampir berlalu ini kita jalani dengan benar atau tidak? Bagaimana tanda-tandanya?

"Bekas tanda-tanda itu muncul setelah melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan. Kata para ulama, tandanya adalah istikamah. Kesungguhan itu akan menjadi habit dan karakter. Karena 30 hari itu cukup untuk membentuk karakter," jelas Ustaz Hanan Attaki.

Oleh karena itu tanda keberhasilan Ramadhan terlihat ketika kita bersungguh-sungguh tetap melakukan apa yang dilakoni selama bulan puasa. Seperti salat tepat waktu, tidak ghibah, rutin mengaji, salat tahajud dan sebagainya.

"Kalau 1 syawal bekas Ramadhan itu sudah hilang, berarti Ramadhan kita belum sungguh-sungguh," kata ustaz lulusan Universitas Al Azhar Mesir itu.

Saksikan selengkapnya detik Kultum Ustaz Hanan Attaki hanya di detikcom.

(eny/erd)