ADVERTISEMENT

Round-Up

Travel Gelap yang Masih Jadi Favorit Pemudik Nekat

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 07:35 WIB
Polda Metro Tangkap 95 Travel Gelap Hendak Angkut Pemudik di Jalur Tikus
Foto: (Dok.istimewa)

"Untuk kendaraan kami tahan sampai setelah selesai lebaran, karena memang kita gunakan mekanisme tilang, mereka harus menyelesaikan," tuturnya.

Para sopir angkutan ditilang dengan Pasal 308 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 dengan ancaman pidana kurungan 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu. Para sopir tidak memiliki trayek untuk menyelenggarakan angkutan orang.

Sambodo melanjutkan, dalam operasi kali ini polisi berkoordinasi dengan Dishub dan Kemenhub. Di mana Dishub dan Kemenhub menyiapkan angkutan bus untuk mengembalikan penumpang.

Sambodo menegaskan, mudik tetap dilarang. Polisi masih akan terus bersiaga untuk mengawasi masyarakat yang masih nekat untuk mudik.

"Sekali lagi mudik dilarang. Dalam kesempatan ini tadi malam keinginan masyarakat untuk mudik luar biasa. Banyak yang memperkirakan itu "arus puncaknya". Tadi malam kami kurang lebih 4.000 lebih kendaraan kami putarbalikkan di Cikarang Barat," tuturnya.

Operasi Ketupat berlangsung sejak tanggal 24 April hingga H+7 lebaran. Selama operasi tersebut, fokus kepolisian adalah mencegah warga mudik.


(mei/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT