Minta Salat Id di Rumah, Ma'ruf: Kita Masih Hadapi Bahaya COVID-19

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 03:18 WIB
Wapres Maruf Amin
Foto: Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta masyarakat Indonesia untuk melaksanakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing. Ma'ruf menyebut saat ini Tanah Air masih diancam bahaya Corona.

"Pemerintah meminta supaya masyarakat dalam merayakan (salat) Idul Fitri dilakukan di rumah, tidak di masjid ataupun di lapangan terbuka karena situasi keadaan negara kita masih menghadapi bahaya COVID-19. Oleh karena itu, masih perlu adanya mencegah berkumpulnya massa yang banyak untuk mencegah penularan COVID-19," ungkap ketika menyampaikan tausiah akhir Ramadan di kediamannya, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat seperti dalam keterangan dari Sekretarian Wapres, Kamis, (21/05/2020).

Ma'ruf menyebut agama mengajarkan manusia untuk menjauhi bahaya. Sehingga pelaksanaan ibadah menurut Ma'ruf juga harus disesuaikan dengan situasi dan keadaan.

"Dan saya kira agama juga mengajarkan kita untuk menjaga kehidupan kita dari kemungkinan tertimpa bahaya. Karena itu, di dalam melaksanakan ajaran agama kita senantiasa menyesuaikan dengan keadaan. Dan tahun ini hari raya kita masih dalam suasana kedaruratan itu, kebahayaan itu. Tahun ini kita masih dalam suasana mudarat, tahun kebahayaan," tutur Wapres.

Ma'ruf berharap agar masyarakat mengikuti arahan dari pemerintah itu. Sehingga penularan Corona dapat dicegah.

"Andai kata kita memaksakan untuk mengadakan di masjid atau di lapangan, kemudian terjadi penularan-penularan itu berarti tidak sesuai dengan prinsip ajaran agama yang seharusnya memperkecil bahaya, (men-tashirul dharar), tapi justru memperbesar yaitu memperbesar bahaya itu, [ta'zimul abrar]," pungkasnya.

(lir/lir)