Legislator Gerindra Cerita ke Nadiem soal Warganya Kesulitan Akses TVRI

Mochamad Zhacky - detikNews
Rabu, 20 Mei 2020 17:28 WIB
Seorang murid sekolah dasar (SD) belajar melalui siaran streaming TVRI di rumahnya, di Padang, Sumatera Barat, Senin (13/4/2020). Kemendikbud resmi meluncurkan program
Ilustrasi Belajar dari Rumah (Iggoy el Fitra/Antara Foto)
Jakarta -

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan TVRI dalam program 'Belajar dari Rumah'. Namun masih ada siswa di Provinsi Banten yang kesulitan mengakses TVRI.

Kondisi tersebut diceritakan oleh anggota Komisi X DPR RI, Ali Zamroni, dalam rapat dengan Mendikbud, Nadiem Makarim. Ali mengatakan, untuk bisa mengakses TVRI, konstituennya di daerah pemilihan (dapil) Banten I yang meliputi Kabupaten Pandeglang dan Lebak, harus menggunakan parabola.

"Saya kebetulan dapil Banten I. Mengenai sistem pembelajaran lewat TVRI yang kemudian langsung dieksekusi oleh Kemendikbud. Tetapi ada satu kendala besar Mas Menteri, bahwa Provinsi Banten yang notabenenya berbatasan langsung dengan ibu kota ini ternyata belum mempunyai stasiun perwakilan TVRI, sehingga ini menjadi salah satu kendala karena banyak sekali masyarakat di dapil kami hanya untuk melihat TVRI saja harus menggunakan parabola," kata Ali dalam rapat yang disiarkan langsung di YouTube DPR, Rabu (20/5/2020).

Anggota Fraksi Gerindra itu meminta Nadiem memperhatikan kondisi konstituennya. Ali berharap konstituennya bisa segera mengakses TVRI tanpa memakai parabola.

"Tentu ini menjadi catatan Mas Menteri. Semoga ke depan bisa diusahakan supaya Provinsi Banten ini bisa memiliki perwakilan TVRI," harapnya.

Namun curhat Ali ini tidak direspons oleh Nadiem dalam rapat. Pimpinan rapat, Agustina Wilujeng, mengingatkan Nadiem untuk menjawab apa yang disampaikan anggota Komisi X dalam rapat secara tertulis.

(zak/gbr)