Diluncurkan Jokowi, Ini 9 Produk Riset untuk Penanganan COVID-19

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 20 Mei 2020 12:16 WIB
Produk Riset dan Inovasi untuk Penanganan COVID-19
Produk Riset dan Inovasi untuk Penanganan COVID-19 (Dok. Kemenristek)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan produk riset, teknologi, dan inovasi untuk percepatan penanganan virus Corona baru (COVID-19). Produk tersebut merupakan hasil kerja sama dari sejumlah pihak.

Peresmian peluncuran produk riset untuk penanganan COVID-19 ini digelar secara online dan disiarkan langsung lewat akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/5/2020). Dalam sambutannya, Jokowi memamerkan deretan alat kesehatan yang diproduksi dalam negeri.

"Kemarin saya sudah melihat sendiri ada rapid test yang waktu saya tanya bisa produksi berapa sudah kira-kira 100 ribu? Kalau di produksi sudah langsung jalan, PCR test kit juga sama katanya apakah sudah berproduksi? Sudah Pak. Sudah uji dan sudah bisa berproduksi juga sama di atas 100 ribu. Kemudian ada ventilator, emergency ventilator yang ini kemarin yang saya lihat ada karya dari BPPT, ITB, UI, UGM dari PT Dharma dari PT Poly Jaya yang sudah mulai membuat ventilator dan ini tinggal produksinya," ujar Jokowi.

Jokowi sangat optimistis produk yang dulunya diimpor dari luar negeri kini sudah bisa dikembangkan di dalam negeri. Dia berharap semua elemen bangsa terus berkolaborasi dalam penanganan COVID-19.

"Karya-karya itu jangan berhenti di laboratorium jangan juga hanya sebatas prototype saja tapi harus terus berlanjut, harus bisa diproduksi secara massal untuk memenuhi kebutuhan domestik kita dan juga bisa ekspor ke mancanegara. Untuk itu, kerja sama dan kolaborasi antar kekuatan anak bangsa harus diperkuat, lembaga-lembaga litbang perguruan tinggi dunia usaha dunia industri, masyarakat, semuanya harus bekerja sama membangun ini," tutur Jokowi.

Jokowi juga mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih mencintai produk dalam negeri. Jokowi ingin adanya mentalitas anak bangsa yang bangga produk hasil buatan sendiri.

"Kita harus terus-menerus memperbaiki ekosistem yang kondusif, ekosistem bagi tumbuhnya, bagi berkembangnya inovasi, ekosistem industrialisasi itu yang kita inginkan dan juga mentalitas bangga kepada produk dalam negeri," ujar dia.

Jokowi Luncurkan Produk Inovasi Penanganan virus corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2