Pejabat Pajak DKI Akui Minta Uang Rp 150 Juta untuk Biaya Fashion Show Anaknya

Zunita Putri - detikNews
Senin, 18 Mei 2020 17:52 WIB
KPK menahan tersangka kasus dugaan suap dalam restitusi pajak PT Wahana Auto Eka Marga (WAE). Mereka adalah mantan Kepala Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Tiga Yul Dirga (berkacamata) dan Fungsional Pemeriksa Pajak Pertama, Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Tiga, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Khusus M Naim Fahmi.
Foto Yul Dirga Pakai Rompi Tahanan KPK: Ari Saputra
Jakarta -

Jaksa KPK Takdir Suhan mengungkap isi sadapan email antara Kepala Kantor Wilayah DJP DKI, Muhammad Haniv dengan mantan Kepala Pelayanan Pajak (KPP) Penanaman Modal Asing (PMA) 3 DKI Jakarta, Yul Dirga. Dalam sadapan email itu, Haniv disebut meminta uang Rp 150 juta ke Dirga untuk acara fashion show anaknya.

"Di sini ada email, bacakan, Pak Yul anakku mau adakan fashion show tanggal 13 Desember, tolong carikan sponsorship ya, perusahaan yang kenal dekat saja. Di budget proposal itu ada nomor rekening BRI anak saya dan nomor hp saya, 2 atau 3 perusahaan, kalau bisa sejumlah Rp 150 juta ya," ujar jaksa Takdir di PN Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (18/5/2020).

Haniv yang hadir menjadi saksi di persidangan lantas mengakui email tersebut. Dia mengatakan email itu dikirim semata-mata untuk meminta bantuan untuk dicarikan sponsor acara fashion show anaknya dan hanya dikirim ke Yul.

"Betul, tujuannya hanya sponsorhsip. Ini email ini hanya kan ada kekurangan Rp 150 juta saat itu, ya saya kirim ke Pak Yul, kebanyakan budget fashion show hanya Rp 250 juta ini untuk sponsorship," kata Haniv.

Haniv menyebut permintaan Rp 150 juta untuk sponsor fashion show itu tidak terwujud. Sebab, acara fashion show itu tidak menerima sponsor dari luar panitia.

"Saya terus terang kirim email ke sahabat saya cuma artinya kalau sudah cukup dananya, kan ini kurang Rp 150juta tapi ini batal. Jadi istilahnya karena nggak ada yang mau, jadi batal tidak ada satu perusahaan pun dari PMA 3 jadi sponsorship fashion show anak saya," ucapnya.

Meski begitu, acara fashion show anak Haniv tetap diselenggarakan meski tidak mendapat dana Rp 150 juta dari Yul Dirga. Dia mengaku akhirnya uang kekurangan fashion show itu ditalangi dengan uangnya sendiri.

"(Acara fashion show) jadi, akhirnya (dana) saya yang tanggulangi karena terjepit," kata

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2