Bareskrim Periksa Perekam Video Said Didu soal Laporan Luhut Besok

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Senin, 18 Mei 2020 14:09 WIB
Gedung Bareskrim Polri
Gedung Bareskrim Polri (Ari Saputra/detikcom)

Sebelumnya Said Didu sudah menjalani pemeriksaan hampir 12 jam oleh penyidik Bareskrim Polri. Dia mengaku memberi keterangan apa adanya kepada penyidik soal video dirinya yang dianggap mencemarkan nama baik Menko bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Said Didu menuturkan dirinya kooperatif selama pemeriksaan.

"Saya disambut baik oleh penyidik. Diperiksa hampir 12 jam dengan wajah yang segar dan tenang," kata Said Didu kepada wartawan di Bareskrim Mabes Polri, Jaln Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel), Jumat (15/5).

Dia kemudian menjelaskan proses pemeriksaan memakan waktu lama karena dirinya menjelaskan persepsi secara utuh dan maksud dari kata-kata yang dilontarkan dia dalam video. Said Didu selanjutnya menyebut ada pihak yang telah memotong videonya sehingga menimbulkan makna yang berbeda dengan apa yang sebenarnya dia utarakan.

Said Didu dilaporkan atas dugaan melakukan pencemaran nama baik yang dilayangkan oleh penasehat hukum Luhut Binsar Pandjaitan, Arief Pratamijaya. Pelaporan ini didasari unggahan video akun YouTube Said Didu berjudul 'MSD: LUHUT HANYA PIKIRKAN UANG, UANG, UANG,' yang berdurasi 22,44 menit. Arief menyebut pernyataan Said Didu dalam video tersebut disiarkan berulang-ulang dan beredar di media sosial.

Halaman

(abw/jbr)