Survei Median: Tingkat Disiplin Warga di Daerah PSBB 60,3%

ADVERTISEMENT

Survei Median: Tingkat Disiplin Warga di Daerah PSBB 60,3%

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 18 Mei 2020 13:38 WIB
Poster
Ilustrasi PSBB. (Foto: Edi Wahyono)

Dari hasil survei tersebut, Median menyimpulkan bahwa ada tiga perilaku warga di daerah PSBB yang perlu diperbaiki. Tiga perilaku dimaksud, yakni bekerja dari rumah, tidak beribadah di tempat ibadah dan taat terhadap peraturan transportasi.

"Tingkat disiplin warga di daerah PSBB terhadap tiga perilaku perlu diperbaiki, karena dalam sepekan terakhir sesuai data yang diambil, level disiplin baru menyentuh angka 51,6%-60,3%," demikian kesimpulan Median.

Selain itu, merujuk pada wilayah PSBB dan non-PSBB di Indonesia, Median juga melakukan survei mengenai penerapan protokol kesehatan sesuai standar COVID-19 selama masyarakat berpergian. Hasil survei menunjukkan, 51,2 persen responden mengaku selalu menggunakan masker selama bepergian keluar rumah.

Kemudian, 31,6 persen responden selalu menjaga agar tidak menyentuh area wajah, mata dan hidung, 31,1 persen responden selalu menjaga jarak aman 1-2 meter dan menghindari kerumunan. Lalu, sebesar 55,5 persen responden disiplin dalam mencuci tangan.

"Kesimpulan 2. Perlu ada sosialisasi dan perbaikan perilaku standar kesehatan publik dalam menghadapi COVID-19. Data menunjukkan ada beberapa perilaku yang masih lemah, contoh, yang mengatakan selalu menjaga jarak antarorang hanya 31,1 persen; yang mengatakan selalu menjaga untuk tidak menyentuh area wajah, mata, hidung hanya 31,6 persen; disiplin menggunakan masker 51,2 persen; senantiasa mencuci tangan 55,5 persen," begitu kesimpulan surveinya.

"Tidak ada satu pun selalu taat terhadap perilaku standar terhadap COVID-19 yang menyentuh angka 75 persen," imbuh Median.


(zak/zak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT