Round-Up

Berawal dari Pesta, Wanita Muda Prank Kena Corona Jadi Tersangka

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 09:42 WIB
Anisa Rahma (20) dan rekannya diamankan polisi setelah nge-prank kejang-kenag terkena virus Corona (dok. Istimewa).
Anisa Rahma (20) dan rekannya diamankan polisi setelah nge-prank kejang-kejang terkena virus Corona. (dok. Istimewa)

Setelah keempatnya menjalani pemeriksaan, pihak kepolisian pun memutuskan menetapkan Anisa sebagai tersangka. Sedangkan 3 rekan Anisa lainnya ditetapkan sebagai korban dan diperbolehkan pulang.

"Iya, sudah tersangka, kemarin ditetapkan," ujar Pahrun.

Menurut Pahrun, Anisa dalam proses penyidikan polisi terbukti telah membuat serta menyebarkan berita bohong yang berbuah keonaran di tengah-tengah masyarakat.

"Dia intinya membuat, menyebarkan, atau memberitakan berita bohong yang berakibat lahirnya keonaran di tengah masyarakat," ucap Pahrun.

Anisa pun dijerat polisi dengan Pasal 14 ayat 1 dan 2 juncto Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dengan ancaman pidana penjara maksimal 2 tahun.

Nasib ketiga rekan Anisa ternyata berbeda. Polisi menetapkan ketiganya hanya sebagai korban prank yang dilakukan Anisa. Saat ini ketiganya sudah diperbolehkan pulang.

Pahrun mengatakan 3 rekan Anisa tak terbukti terlibat melakukan prank. Prank itu murni dilakukan oleh Anisa seorang.

Menurut Pahrun, Anisa dan tiga rekannya, yakni Eka Saswati, Dirgantara, dan Dandi, hanya berperan melakukan pesta miras bersama tersangka. Ketiganya kemudian mengantar tersangka yang sesak napas dan kejang-kejang akibat mabuk ke RS Hapsah dan RSU Tenriawaru, Bone.

Saat di dua rumah sakit inilah tersangka tiba-tiba melakukan prank ke petugas medis, dia meminta dites Corona dengan alasan memiliki kontak dengan kakeknya di Jayapura, Papua, yang kini jadi pasien positif. Saat kejadian, tiga rekan Anisa turut jadi korban prank.

"Ya betul (3 rekan Anisa dipulangkan) karena mereka kan juga jadi korban, dimaini, di-prank oleh dia (tersangka Anisa)," ucap Pahrun.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3