Ma'ruf: Pendidikan Ekonomi Syariah Harus Lebih Inovatif dan Dinamis

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 04:12 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin
Foto: Wakil Presiden Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan pendidikan ekonomi syariah harus lebih inovatif. Dia menyebut proses pembelajaran juga harus mengikuti perkembangan teknologi.

"Penyelenggaraan pendidikan ekonomi syariah harus semakin inovatif, mengikuti perkembangan teknologi dan dinamis meskipun tetap mengutamakan prinsip-prinsip utama dalam ekonomi dan keuangan syariah," kata Ma'ruf dalam tayangan video acara Pembukaan Talkshow 'Peluang dan Tantangan Pendidikan Jarak Jauh Program Studi Ekonomi Syariah' yang diterima detikcom, Rabu (13/05/2020).

Menurut Ma'ruf, inovasi sangat dibutuhkan terutama dalam menghadapi pandemi virus Corona Virus (COVID-19), dimana diperlukan berbagai penyesuaian termasuk dalam pembelajaran. Seperti pembelajaran jarak jauh yang harus diiringi dengan kreativitas.

"Pembelajaran jarak jauh memiliki tantangan tersendiri, membutuhkan kreativitas. Para pengajar perlu keluar dari gaya konvensional dan lebih inovatif dalam menyiapkan materi dan mekanisme pembelajaran serta memanfaatkan seluruh potensi teknologi. Di sisi lain, mahasiswa juga dituntut harus lebih mandiri, dan dapat memanfaatkan seluruh sumber pengetahuan," ujar Ma'ruf.

Selanjutnya
Halaman
1 2