Ma'ruf: Pendidikan Ekonomi Syariah Harus Lebih Inovatif dan Dinamis

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 04:12 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin
Foto: Wakil Presiden Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)

Meskipun terdapat banyak tantangan, Ma'ruf menilai, pembelajaran jarak jauh sesungguhnya memberikan keuntungan antar perguruan tinggi dalam melakukan sinergi yang saling menguatkan. Menurutnya dengan penggunaan teknologi, tidak ada lagi sekat antar satu perguruan tinggi dengan perguruan tinggi lain.

"Mahasiswa dapat dengan mudah mengikuti kuliah dari perguruan tinggi yang berbeda sepanjang sesuai dengan minatnya. Selain itu pertukaran pengetahuan, hasil riset, dan kegiatan akademik lainnya juga akan semakin efektif," ucapnya.

Pada acara yang diselenggarakan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) bersama Perwakilan Perguruan Tinggi yang memiliki Program Studi Ekonomi Syariah ini, Ma'ruf memberikan beberapa pesan. Terutama dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan evaluasi.

"Tidak boleh ada excuse terhadap kualitas, baik kualitas pembelajaran maupun pengujian. Mahasiswa harus tetap bisa diuji dengan standar yang sama dengan pembelajaran konvensional sehingga kualitas pembelajaran dan lulusan program studi ini tetap dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan," tuturnya.

Halaman

(lir/lir)