Gubernur Bengkulu Minta Bupati/Wali Kota Fokus Tangani COVID-19

Hery Supandi - detikNews
Rabu, 13 Mei 2020 07:14 WIB
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah (Hery Supandi)
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah (Hery Supandi)
Bengkulu -

Kasus konfirmasi positif COVID-19 di Bengkulu beberapa hari terakhir semakin banyak ditemukan. Maka dari itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meminta Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kota meningkatkan pencegahan.

Pencegahan yang perlu diperkuat seperti memastikan tersedianya tempat cuci tangan dan sabun yang cukup di tempat umum. Termasuk pemberian masker kepada masyarakat, sehingga dipastikan masyarakat mendapatkan masker yang cukup terutama di tempat umum seperti pasar.

"Saya minta kepada Bupati/Wali Kota dan ketua gugus tugas, terutama untuk kota Bengkulu yang kasus konfirmasi positif COVID-19 paling tinggi, untuk benar benar fokus kepada aspek penanganan kesehatan ini," kata Rohidin kepada wartawan, Rabu (13/5/2020).

Selain itu, dirinya juga meminta gugus tugas kota Bengkulu melalui Dinas kesehatan mendirikan posko atau mengaktifkan puskesmas untuk memberikan pelayanan pemeriksaan rapid test kalau dibutuhkan masyarakat.

"Aktifkan saja puskesmas-puskesmas setempat untuk melakukan pemeriksaan rapid tes kalau dibutuhkan masyarakat," ujar Rohidin.

Sementara untuk pengadaan rapid test termasuk Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas medis, pemenuhan kebutuhan akan menggunakan anggaran yang sudah dialokasikan masing-masing Kabupaten/Kota.

Untuk pencegahan dan penanganan COVID-19 yang sifatnya masih ringan atau tanpa gejala, akan ditangani oleh Bupati/Walikota dengan gugus tugasnya. Namun jika gejalanya perlu perawatan dan penanganan di rumah sakit, akan menjadi tanggungjawab pemerintah provinsi untuk dirawat di rumah sakit rujukan yaitu RSUD M Yunus.

Selanjutnya
Halaman
1 2