Hendak Nyeberang ke Lampung, 4.772 Kendaraan Pemudik Dipaksa Putar Balik

M Iqbal - detikNews
Selasa, 12 Mei 2020 12:53 WIB
Dirlantas Polda Banten Kombes Wibowo (M Iqbal/detikcom)
Dirlantas Polda Banten Kombes Wibowo (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Sebanyak 4.772 kendaraan yang hendak menyeberang ke Sumatera via Pelabuhan Merak dipaksa berputar balik oleh polisi. Jumlah itu akumulasi selama Operasi Ketupat Kalimaya 2020 yang sudah berjalan 18 hari.

"Sampai dengan saat ini hari ke-18 pelaksanaan Operasi Ketupat Kalimaya 2020 kita telah melakukan tindakan putar balik kendaraan sebanyak 4.772 kendaraan yang akan melaksanakan mudik," kata Dirlantas Polda Banten Kombes Wibowo kepada wartawan, Selasa (12/5/2020).

Kendaraan yang nekat mudik hingga dipaksa berputar balik oleh polisi didominasi mobil pribadi dan sepeda motor. Ada juga bus dan truk yang ikut menyumbang jumlah pelanggaran tersebut.

"Ini didominasi oleh kendaraan pribadi selanjutnya roda dua maupun truk dan bus," ujarnya.

Wibowo mengatakan beberapa hari ini jumlah kendaraan yang diputar balik polisi terus menurun. Penurunan bahkan mencapai 7 persen. Polisi berharap pemudik yang nekat mudik paham bahwa ada larangan.

"Data yang ada pada kita kendaraan yang kita putar balik sampai saat ini mengalami penurunan, sudah mulai landai mengalami penurunan sampai dengan 7 persen," ujarnya.

(jbr/jbr)