Seputar Tutupnya McD Sarinah yang Diserbu Massa saat Penutupan

Lusiana Mustinda - detikNews
Senin, 11 Mei 2020 20:38 WIB
Restoran siap saji McDonalds Sarinah akan tutup permanen. Yuk lihat lagi sudut-sudut penuh cerita di gerai McD pertama di Indonesia ini.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Puluhan orang berkumpul di depan McDonald's Sarinah kemarin (10/5/2020) saat penutupan. Hal ini menjadi momen emosional bagi sebagian orang karena adanya kerumunan di tengah pandemi Corona.

Kerumunan pengunjung terjadi dalam momen perpisahan dengan pengunjung McD Sarinah. Padahal penutupan ini terjadi masih dalam masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), yang mana kegiatan dengan kerumunan orang tidak diperbolehkan.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui seputar tutupnya McD Sarinah:

1. Beroperasi 30 Tahun

McD Sarinah adalah McDonald's pertama di Gedung Sarinah Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. McD Sarinah resmi ditutup pada 10 Mei 2020 setelah beroperasi 30 tahun. Tak heran banyak cerita di dalam McD Sarinah ini sehingga ketika ditutup masyarakat banyak yang merasa kehilangan.

2. Alasan Kenapa Ditutup

Restoran McD pertama di Indonesia ini terpaksa ditutup. Direktur Utama Sarinah Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa memberikan penjelasan mengenai tutupnya McD Sarinah.

"Terkait informasi gerai McDonald's di Sarinah Thamrin bakal tutup beroperasi, dapat kami informasikan bahwa Sarinah saat ini sedang melakukan program Transformasi Sarinah dalam upaya meremajakan konsep dan model bisnis Sarinah yang salah satunya adalah melakukan renovasi Gedung Sarinah Thamrin yang merupakan salah satu ikon atau gedung bersejarah bagi masyarakat Jakarta khususnya, maupun bagi masyarakat Indonesia," katanya kepada detikcom, Kamis (7/5/2020).

Ia menambahkan, program renovasi gedung warisan Presiden Pertama RI Ir. Soekarno itu direncanakan akan selesai pada bulan Mei 2021.

3. Jadi Sorotan di Twitter

McD Sarinah masih saja dibahas hingga kini. Bahkan nama McD Sarinah sempat menjadi nomor satu di Twitter dengan lebih dari 36 ribu cuitan.

Selain ungkapan rasa sedih karena tempat tersebut adalah gerai pertama yang dibuka di Indonesia pada tahun 1991 dan banyak kenangannya, belakangan banyak pula yang mengutarakan rasa kesal.

Salah satunya Joko Anwar yang sangat menyayangkan terjadinya kerumunan massa di tengah pandemi saat penutupan McD Sarinah.

"McD Sarinah got a special place in our memories, but seriously @McDonalds_ID was a gathering like this in the middle of a pandemic really necessary? The place could've gone in a sweet tone. But this is really tone deaf. Shame," tulis Joko Anwar dalam Twitternya.

4. Dinilai Melanggar PSBB

Banyak warga yang berkerumun saat acara penutupan gerai yang digelar McD Sarinah Thamrin. Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin melakukan pembubaran dengan melibatkan TNI hingga Polri.

Arifin menyayangkan pihak McD yang justru melakukan live Instagram saat acara tidak membubarkan warga. Menurutnya, McD telah melakukan pelanggaran karena melanggar ketentuan PSBB.

Selain melakukan pembubaran, Satpol PP juga menegur pihak panitia supaya tidak ada lagi kejadian semacam ini.

5. McD Setelah Sarinah Renovasi

Direktur Utama Sarinah Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa mengatakan, pihaknya memberi kesempatan bagi McDonald's untuk membuka kembali gerai di Sarinah usai renovasi yang targetnya rampung pada Mei 2021. Nantinya, McDonald's akan diberikan beberapa persyaratan seperti menyediakan konten lokal untuk berdiri kembali di lokasi bersejarah tersebut.

Akan tetapi pihak McD mengatakan belum ada pembicaraan mengenai hal itu.

Sutji Lantyka, selaku Associate Director of Communications McDonald's Indonesia menyatakan akan terus berupaya membuka gerai McDonald's di berbagai lokasi strategis di Indonesia.

"Kami memang telah memiliki rencana untuk membuka restoran McDonald's di berbagai lokasi di Indonesia. Jika situasi sudah kembali normal, kami akan memaksimalkan ekspansi restoran McDonald's Indonesia agar dapat terus memberikan yang terbaik kepada konsumen kami dengan mencari lokasi-lokasi strategis yang lain," terang Sutji.



(lus/erd)