Dubes Tantowi Bicara 5 Kunci Sukses Selandia Baru Atasi Corona

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 11 Mei 2020 14:15 WIB
Tantowi Yahya
Tantowi Yahya (Foto: dok. Kedubes RI)

Ketiga, Selandia Baru merupakan negara dengan sistem pemerintahan parlementer. Namun, kata Tantowi, parlemen di Selandia Baru selalu mendukung kinerja pemerintah setempat.

"Bisa dibayangkan jika parlemen itu tidak mendukung upaya yang dilakukan pemerintah, tentu upaya pemerintah tidak akan seperti ini. Jadi dukungan di parlemen jadi faktor yang menentukan," kata Tantowi.

Keempat, Tantowi mengungkapkan 70% masyarakat Selandia Baru membaca berita melalui sumber terverifikasi. Hal itulah yang memudahkan pemerintah dalam menyebarkan informasi terkait COVID-19.

"Orang-orang di sini main socmed (social media), tapi socmed di sini tidak menjadi rujukan informasi sebagaimana di banyak negara. Distorsi informasi saya bisa katakan sangat rendah," katanya.

Terakhir, Tantowi berbicara mengenai kontribusi masyarakat terhadap percepatan penanganan COVID-19. Menurut dia, keberhasilan pemerintah Selandia Baru juga berkat dukungan masyarakat.

"Masyarakat yang sudah terbiasa dengan hal-hal krisis menjadi mudah untuk dinavigasi oleh pemerintah. Sehingga, keberhasilan pemerintah tergantung kontribusi masyarakat dalam bentuk disiplin sangat kuat," jelasnya.

Tantowi berharap Indonesia bisa belajar dari negara Selandia Baru. Meskipun, ia sadar bahwa penanganan COVID-19 di suatu negara tak bisa dibandingkan dengan negara lain.

"Berbicara mengenai Selandia Baru, kita bicara banyak faktor yang jika dibandingkan dengan Indonesia tidak apple to apple. Tapi mungkin, kita berbicara bagaimana Indonesia bisa belajar dari negara kecil seperti Selandia Baru," pungkas Tantowi.

Halaman

(mae/mae)