Penumpang Kecewa, Proses Refund Tiket Kereta Secara Online Tak Efektif

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 09 Mei 2020 14:26 WIB
Salah satu penumpang kereta api yang batal mudik mengeluhkan proses refund tiket tak bisa online
Foto: Salah satu penumpang kereta api yang batal mudik mengeluhkan proses refund tiket tak bisa online (Yogi Ernes-detikcom)
Jakarta -

Calon penumpang, Imron, kereta api kecewa karena proses pengembalian uang tiket yang telah dibelinya (refund) tak dapat dilakukan secara online. Akhirnya warga Setiabudi, Jakarta Selatan (Jaksel) ini terpaksa keluar rumah, di tengah imbauan tetap di rumah dari pemerintah.

"Iya ini refund tiga tiket Lebaran ke Bandung yang telah saya beli online buat tanggal 22 Mei nanti. Tapi selama dua minggu terakhir ini kita sudah coba lewat online tapi katanya (tiket) bookingan kita enggak bisa. Akhirnya dari Setiabudi mau tidak mau kita keluar rumah ke stasiun terdekat. Alhamdulillah sekarang bisa refund uangnya hari ini," kata Imron di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (9/5/2020).

Imron batal merayakan Lebaran di kampung halamannya karena ada larangan mudik dari pemerintah. Imron menyebutkan sebelumnya PT KAI menjanjikan proses pengembalian tiket bisa dilakukan secara online lewat aplikasi KAI Access, namun selama dua pekan dia mencoba tetap tidak bisa melakukan proses refund secara online.

"Iya katanya dari KAI Access kan bisa, tapi nyatanya sampai sekarang enggak bisa. Katanya tinggal masukin email pendaftaran, lalu harusnya muncul tiket yang kita beli dan bisa langsung cancel. Tapi buktinya enggak bisa nih," jelas dia.

Imron yang datang ke Stasiun Gambir bersama istrinya ini berharap layanan pengembalian tiket bisa dilakukan secara online. Hal itu untuk meminimalisir warga pergi ke luar rumah.

25 Ribu Calon Penumpang Batalkan Perjalanan di Stasiun Gambir:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2