Diduga Terpapar Corona, 12 Nakes di Penajam Paser Utara Diistirahatkan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 09 Mei 2020 12:45 WIB
Ratusan ribu kasus COVID-19 di Italia membuat tenaga kesehatan khususnya para dokter dan perawat harus bekerja ekstra guna menyelamatkan nyawa warganya. Beginilah potret kesehariannya.

AP Photo/Domenico Stinellis
Ilustrasi tenaga kesehatan saat merawat pasien. (Domenico Stinellis/AP)
Penajam Paser Utara -

Sebanyak 12 tenaga kesehatan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, diduga terpapar virus Corona (COVID-19) dari pasien yang terkonfirmasi positif. Para tenaga kesehatan tersebut untuk sementara waktu diistirahatkan.

"Kedua belas tenaga medis itu diduga tertular dari pasien positif virus Corona," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara Arnlod Wayong seperti dilansir Antara, Sabtu (9/5/2020).



Kedua belas tenaga kesehatan tersebut sudah menjalani rapid test. Kebijakan mengistirahatkan 12 tenaga medis tersebut diambil setelah hasil rapid test mereka reaktif atau positif berdasarkan hasil tes.



"Kami terpaksa mengistirahatkan 12 tenaga kesehatan itu karena, setelah dilakukan rapid test atau tes cepat, mereka dinyatakan positif," ujar Arnold.

Tenaga kesehatan yang diistirahatkan itu di antaranya yang bertugas di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung dan di puskesmas di wilayah Kecamatan Penajam.

"Yang diistirahatkan itu 10 tenaga medis di RSUD, kemudian dua tenaga medis di puskesmas," jelas Arnold.

Tim Pakar: 60% Pasien Positif Covid-19 di Indonesia Laki-laki:

(dkp/jbr)