Survei Komnas HAM : 94,5% Warga Patuhi Imbauan Ibadah Ramadhan di Rumah

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 18:25 WIB
Choirul Anam
Komisioner Bagian Pengkajian dan Penelitian Komnas HAM Choirul Anam (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) melakukan survei bertema 'Survei Kepatuhan Masyarakat untuk Beribadah di Rumah selama Bulan Ramadhan 1441 H untuk Menanggulangi Wabah COVID-19'. Berdasarkan hasil survei, 94,5 persen dari 669 responden telah menjalani ibadah dari rumah sesuai dengan anjuran pemerintah.

"(Sebanyak) 94,5 persen memilih ibadah di rumah. Ini menurut saya menarik. Jadi paling besar orang ibadah di rumah. Ini yang saya bilang kepatuhan besar ini mobilitas kita," kata Komisioner Bagian Pengkajian dan Penelitian Komnas HAM Choirul Anam saat Konferensi Pers Daring Komnas HAM, Jumat (8/5/2020).

Dia menjelaskan, pengumpulan data survei ini dilakukan melalui Google Form sejak 29 April hingga 4 Mei 2020.

"Survei ini kami kreasikan untuk melihat dua aspek. Pertama bagaimana kita lihat penyelenggaraan ibadah. Sama menjawab kenapa kok spesifik untuk umat Islam, karena momentumnya Ramadhan. Karena ini tidak hanya soal ritual, banyak orang yang kumpul dan sebagainya. Karena konteksnya Ramadhan, kita memotretnya lebih banyak ke umat muslim," jelas Choirul.

Choirul menyampaikan ada dua alasan responden memilih ibadah dari rumah. Selain akrena imbauan pemerintah, mereka sudah memiliki kesadaran sendiri perihal mengantisipasi penularan virus Corona.

Selanjutnya
Halaman
1 2