KPK Masukkan Tersangka Suap Samin Tan dalam Daftar Buronan

Ibnu Hariyanto - detikNews
Rabu, 06 Mei 2020 22:02 WIB
Samin Tan diperiksa KPK
Samin Tan saat diperiksa KPK (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta -

KPK memasukkan tersangka suap terhadap mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih, Samin Tan, dalam daftar pencarian orang (DPO). Samin Tan kini jadi buron KPK.

"Komisi Pemberantasan Korupsi memasukkan nama tersangka SMT (Samin Tan), pemilik perusahaan PT BLEM, dalam daftar pencarian orang (DPO)," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (6/5/2020).

Ali mengatakan Samin Tan ditetapkan sebagai tersangka perkara dugaan suap pengurusan terminasi kontrak perjanjian karya pengusahaan pertambangan batu bara (PKP2B) PT Asmin Koalindo Tuhup di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sejak 1 Februari 2019. Ali menjelaskan KPK menetapkan Samin Tan sebagai buron karena kerap mangkir dari panggilan KPK.

"Tersangka SMT tidak menghadiri panggilan pemeriksaan sebagai tersangka sebanyak dua kali. Pertama, SMT tidak datang dan tidak memberikan alasan yang patut dan wajar atas panggilan KPK untuk hadir pada 2 Maret 2020. Padahal KPK telah mengirimkan surat panggilan pada 28 Februari 2020," ujar Ali.

Selanjutnya
Halaman
1 2