Banjir Surut, Gerbang Tol Cilegon Barat Kembali Dibuka

Muhammad Iqbal - detikNews
Senin, 04 Mei 2020 17:48 WIB
Banjir di Tol Merak arah Tangerang
Air menggenangi Km 97 Tol Merak arah Tangerang (Muhammad Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Gerbang Tol Cilegon Barat, Cilegon, Banten, kembali dibuka setelah ditutup selama 4 jam akibat tergenang banjir. Kendaraan sudah diperkenankan melintas.

"ASTRA Tol Tangerang-Merak kembali mengoperasikan Gerbang Tol Cilegon Barat pada pukul 16.13 WIB. Sebelumnya, sempat dilakukan penutupan sementara sejak pukul 11.40 WIB akibat genangan air di akses Gerbang Tol Cilegon Barat," kata Kepala Departemen Manajemen Humas & CSR Rawihay Hijjah dalam keterangannya, Senin (4/5/2020).

Sebelumnya, banjir terjadi di ruas jalan yang menjadi akses keluar-masuk tol. Polisi bahkan sempat menutup jalan dari simpang SPIJ (Seamless Pipe Indonesia Jaya), Cilegon.

Rawiyah menjelaskan, air yang menggenangi ruas tol berasal dari kawasan perbukitan di sekitar. Akibatnya, pihak pengelola jalan tol sempat mengalihkan kendaraan yang hendak keluar dari gerbang Tol Cilegon Barat ke Gerbang Tol Merak.

"Genangan air merupakan luapan air dari kawasan perbukitan sekitar Gerbang Tol Cilegon Barat. Akibatnya sempat dilakukan pengalihan lalu lintas, kendaraan yang hendak keluar Gerbang Tol Cilegon Barat dialihkan ke Gerbang Tol Merak," jelas dia.

Banjir yang terjadi di Cilegon merendam ratusan rumah. Belum dilaporkan adanya korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Banjir disebabkan hujan deras mengguyur wilayah Cilegon sejak pagi tadi. Beberapa wilayah juga dilaporkan banjir imbas hujan deras tersebut.

Ada 8 kecamatan di Cilegon yang dilanda banjir, terparah terjadi di Kecamatan Gerogol dan Pulomerak. Sejumlah mobil hanyut dan ratusan rumah terendam banjir di beberapa perumahan.

(aud/aud)