ADVERTISEMENT

Round-Up

Instruksi Terbaru Jokowi di Musrenbangnas: Satu Visi Lawan Corona-Penanganan TBC

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Kamis, 30 Apr 2020 21:48 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo (Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Setpres)

Negara Maju Alami Gelombang Dua Corona

Jokowi mengingatkan belum ada kepastian kapan virus Corona (COVID-19)benar-benar berakhir. Jokowi menyinggung beberapa negara maju yang awalnya menyatakan pulih, tapi kini mengalami gelombang kedua wabah COVID-19.

"Kita butuh kecepatan untuk keselamatan seluruh rakyat Indonesia. Memang belum ada kepastian kapan ini akan berakhir. Setiap ahli memiliki hitungan-hitungan yang berbeda mengenai pandemi COVID-19. Beberapa negara maju yang awalnya menyatakan sudah recover, sudah pulih, justru mengalami gelombang yang kedua," ujar Jokowi.


Jokowi mengajak para pejabat menyiapkan berbagai skenario ringan, sedang, dan berat menghadapi COVID-19, baik di sektor kesehatan maupun sektor ekonomi. Jokowi optimistis Indonesia segera bisa melewati masalah ini.

"Dengan berbagai skenario itu, kita siapkan langkah-langkah mitigasi, baik mitigasi dampak kesehatan maupun dampak ekonomi dan sekaligus menyiapkan langkah-langkah recovery, langkah pemulihan jika penyebaran COVID-19 ini sudah bisa kita kendalikan," ucap Jokowi.

Jokowi meyakini 2021 merupakan tahun pemulihan dari wabah virus Corona. Jokowi menilai negara 'pemenang' adalah negara yang cepat mengatasi COVID-19 sekaligus cepat melakukan pemulihan.

"Saya melihat negara yang akan menjadi pemenang, bukan hanya negara yang berhasil cepat mengatasi COVID-19, tetapi juga negara yang cepat melakukan pemulihan, cepat melakukan recovery," ujar Jokowi.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT