12.126 Kendaraan Pemudik Diminta Putar Balik, KSP: Larangan Mudik Efektif

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 30 Apr 2020 05:45 WIB
Petugas kepolisian berjaga saat dilakukan penyekatan kendaraan di pintu keluar Tol Bitung, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Penyekatan itu dilakukan menyusul adanya larangan mudik bagi seluruh kalangan yang sudah ditetapkan mulai hari ini guna mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.
Ilustrasi larangan mudik (ANTARA FOTO/FAUZAN).
Jakarta -

Kantor Staf Presiden (KSP) mengomentari jumlah 12 ribu pemudik yang diminta berputar balik karena ada aturan larangan mudik. Menurutnya, angka yang tinggi tersebut menandakan aturan larangan mudik efektif.

"Justru itu, kenapa ada larangan, karena memang imbauan tidak cukup. Ini pun dengan pelarangan dan penegakan hukum masih banyak toh yang berniat mudik. Hasil dari penegakan hukum membuktikan dengan larangan mudik, efektif," kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Donny Gahral Adian saat dihubungi, Rabu (29/4/2020).


Donny berujar, akan banyak orang yang mudik jika sifat aturan masih imbauan. Sehingga, akan menularkan virus Corona (COVID-19) ke kampung halaman mereka.

"Bayangkan mudik tidak dilarang, cuma imbau, berapa juta yang akan kembali ke kampung halaman dan menyebarkan COVID-19," ucap Donny.

Selanjutnya
Halaman
1 2