Riset LSI Denny JA: 99% Kasus Corona di RI Tuntas Bulan Juni 2020

Yulida Medistiara - detikNews
Rabu, 29 Apr 2020 20:30 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)

Bersama Indonesia dalam kategori B (kecepatan menengah) adalah antara lain seperti Singapura, India, Kanada, Iran, dan Denmark. Negara Kategori C (Penanganan Lambat) antara lain negara Columbia, Bahrain, Argentina, dan Qatar.

Kategori cepat lambat itu tak seluruhnya berarti tingkat kemampuan negara menangani virus Corona. Hal itu juga ditentukan oleh lebih awal atau lebih belakangan virus Corona menyebar ke negara itu.

Selain itu, LSI Denny JA menyebut 100% kasus COVID-19 tuntas ketika vaksin sudah ditemukan, yakni diprediksi pada Mei-Juli 2021. Sementara 99% kasus virus COVID-19 di dunia tuntas sebelum vaksin ditemukan yang diperkirakan Juli-September 2020.

LSI Denny JA menjelaskan, yang dimaksud dengan 99% tuntas adalah situasi ketika penambahan kasus baru hari per hari menunjukkan grafik yang konsisten menurun. Tidak berarti tak ada lagi korban baru yang terpapar virus. Namun jumlahnya dilihat dari grafik sudah sangat menurun.

"Klaim 100% virus Corona dianggap tuntas hanya dilakukan ketika vaksin ditemukan," terang LSI Denny JA.

University of Singapore memprediksi 100% tercapai pada Desember 2020. Hanya dua negara yang 100% tuntas pada Februari-April 2021. Namun prediksi itu dilakukan semata berdasarkan proyeksi data.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4