Riset LSI Denny JA: 99% Kasus Corona di RI Tuntas Bulan Juni 2020

Yulida Medistiara - detikNews
Rabu, 29 Apr 2020 20:30 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)

Penurunan kasus baru harian korban yang terpapar Corona di negara Jerman, Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru mulai terjadi. Pada empat negara itu, grafik menunjukkan puncak pandemi sudah terlampaui.

Singapore University of Technology and design mengembangkan model prediksi lebih jauh. Tren data dunia itu dibaca dengan menggunakan artificial intelligence. Dari berbagai negara dunia, model itu menyimpulkan 99% kasus dunia selesai pada Agustus 2020.

Memperkaya riset Singapore University dengan aneka prediksi yang dikembangkan banyak lembaga, LSI Denny JA lebih menyimpulkan rentang waktu Juli-September 2020 sebagai rentang waktu selesainya 99% kasus virus Corona.

"Kesimpulan ini katakanlah prediksi yang lebih aman karena menggunakan plus-minus satu bulan sebagai margin of error dibandingkan yang dinyatakan Singapore University," tulis LSI Denny JA.

Berdasarkan data Singapore University pula, dalam menangani virus Corona untuk mencapai tuntas 99%, LSI Denny JA membagi tiga kategori.

Kategori A (penanganan cepat), Kategori B (penanganan menengah), dan Kategori C (penanganan lambat). Disebut cepat jika 99 % tuntas itu terjadi paling telat pada akhir Mei 2020. Disebut sedang jika 99 % tuntas di bulan Juni 2020. Disebut lambat jika 99 % tuntas terjadi setelah Juni 2020.

Negara kategori A (Penanganan Cepat) antara lain Negara China, Korea Selatan, Jerman, United Kingdom, Malaysia, dan Amerika Serikat. Negara ini tergolong paling cepat di dunia, di luar China yang menuntaskan virus Corona 99%.

Indonesia termasuk negara kategori B, yang menangani virus Corona dengan kecepatan menengah. Diprediksi pada Juni 2020, virus Corona tak lagi menjadi isu besar. Kehidupan hampir normal kembali, walau social distancing tetap harus dijaga karena vaksin belum ditemukan.

"Indonesia normal pada kondisi 99% tuntas COVID-19 di bulan Juni 2020," tulis LSI Denny JA pada kesimpulannya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4