Polda Metro Limpahkan Berkas Perkara 5 Vandal 'Kill The Rich' ke Kejaksaan

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 29 Apr 2020 14:04 WIB
Gedung Mapolda Metro Jaya
Polda Metro Jaya (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya sudah melengkapi berkas perkara para tersangka vandalisme sindikat anarko 'Kill The Rich' di Kota Tangerang. Berkas tersebut saat ini dilimpahkan ke Kejaksaan.

"Perkembangannya sudah tahap 2 untuk pelaku anak dan 3 tersangka tahap 1," kata Kasubdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Dwiasi Wiyatputera saat dihubungi, Rabu (29/4/2020).

Tahap 2 artinya berkas perkara sudah lengkap dan tersangka sudah dilimpahkan ke Kejaksaan, sedangkan tahap 1 berarti berkas masih berada di Kejaksaan. Dengan begitu, Dwiasi memastikan rencana vandalisme pada 18 April tidak akan terlaksana.

"Karena sudah tertangkap, maka rencana aksi pada tanggal 18 tidak terlaksana," ucap Dwiasi.

Seperti diketahui, aksi pencoretan dilakukan kelima pelaku ini di Tangerang Kota untuk membuat masyarakat resah dan mengajak membuat keonaran. Tiga orang awalnya ditangkap aparat Reskrim Polres Tangerang Kota bersama anggota Ditreskrimun Polda Metro Jaya di sebuah kafe di wilayah Kota Tangerang pada Jumat (10/4). Kemudian dua orang lagi ditangkap di Bekasi dan Tigaraksa, Tangerang.

"Motif mereka melakukan vandalisme ini, mereka tidak puas dengan kebijakan-kebijakan pemerintah dan berupaya untuk memanfaatkan situasi yang saat ini masyarakat sedang resah. Mereka manfaatkan untuk lebih resah lagi, membuat masyarakat lebih resah dan membuat ajakan untuk membuat keonaran," ujar Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana.

Kelima pelaku vandalisme disangkakan Pasal 14 dan atau 16 UU No 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan atau 160 KUHP tentang keonaran dengan membuat berita bohong. Mereka terancam hukuman penjara 10 tahun.

(maa/dhn)