Imbas Corona, Penerimaan Siswa Baru di Riau Pakai Sistem Online

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Selasa, 28 Apr 2020 13:03 WIB
Poster
Foto Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Pekanbaru -

Dinas Pendidikan Provinsi Riau menyediakan layanan online dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2020-2021 di tengah pandemi COVID-19. Ini dilakukan sebagai antisipasi penyebaran virus Corona.

"Kegiatan PPDB tentunya menjadi satu hal yang mengkhawatirkan karena akan berkumpul yang berpotensi penyebaran COVID-19. Untuk mengatasi hal itu, kita telah menyediakan layanan online untuk penerimaan siswa baru," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kaharudin, dalam siaran pers, Selasa (28/4/2020).

Kaharudin menjelaskan penerimaan siswa baru untuk SMA/sederajat melalui jalur online ini tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 24 Tahun 2020 tentang PPDB jenjang SMA negeri, SMK negeri, dan sekolah luar biasa negeri.

Untuk melaksanakan PPDB ini, kata Kaharudin, telah disiapkan web dengan perangkat PC dan server, dengan menggunakan fasilitas UNBK yang telah ada.

"Untuk kelancaran PPDB online, sekolah dapat bekerja sama dengan penyedia jaringan dan biaya dianggarkan melalui BOSDA yang ada di suatu pendidikan," kata Kaharudin.

Secara serentak pengumuman kelulusan SMA secara nasional dilaksanakan pada 2 Mei 2020. Selain soal penerimaan siswa baru, pengumuman kelulusan ini harus diantisipasi pihak sekolah di tengah pandemi.

"Kita juga sudah minta pihak sekolah untuk segera melakukan rapat dalam pembahasan pengumuman kelulusan di tengah pandemi. Segala persiapannya harus sesuai dengan protokol kesehatan. Jika sudah melakukan rapat, mereka harus segera lapor ke Dinas Pendidikan Provinsi," sebut Kaharudin.

Simak juga video Kak Seto: Banyak Anak Tertekan saat Belajar di Rumah:

(cha/gbr)