Detik-detik Terbakarnya Gereja Christ Cathedral di Serpong Tangerang

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Senin, 27 Apr 2020 13:54 WIB
Gereja Christ Cathedral di Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten, terbakar, Senin (27/4/2020) pagi. Penyebab kebakaran diduga korsleting listrik.
Foto: Gereja Christ Cathedral Serpong (Istimewa)

Diduga Korsleting Listrik

Kabid Kedaruratan dan Logistik Kabupaten Tangerang, Kosrudin, mengatakan penyebab kebakaran Gereja Christ Cathedral di Serpong, Kabupaten Tangerang, diduga akibat korsleting listrik.

"Penyelidikan dari kepolisian nanti. Boleh menduga ini karena tidak ada aktivitas biasanya seperti ini akibat korsleting listrik biasanya ya," ujarnya.

Kosrudin mengatakan ada bagian gedung yang runtuh akibat kebakaran. Dia menyebut sumber api berasal dari lantai dua di ruang tengah bangunan.

Tidak ada korban akibat peristiwa ini. "Ini sedang persiapan karena kalau dari arah bawah khawatir terjadi runtuhan. Karena kan ada yang runtuh tadi. (Asal api) Dari ruang tengah, istilahnya tempat, itu tempat ibadah lantai 2," ujarnya.


60 Persen Bagunan Gereja Rusak

Kabid Kedaruratan dan Logistik Kabupaten Tangerang Kosrudin mengatakan kerusakan gedung akibat kebakaran mencapai 60 persen.

"Sekitar 60 persenlah. Bagian kelilingnya nggak runtuh. Ada beberapa yang runtuh bagian tengah karena kebakarannya di tengah. Jadi kalau kita lihat dari luar nggak kelihatan," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik Kabupaten Tangerang Kosrudin, saat dihubungi, Senin (27/4/2020).

Kosrudin mengatakan ruangan gedung yang rusak adalah lokasi ibadah. Sedangkan bangunan yang masih utuh adalah bagian lobi utama.

"Itu juga yang rusak di bagian vital. Bagian vital itu bagian musik, bagian persembahyangan jemaat bagian itu. Bagian depan, lobi (tidak terbakar). Iya tempat ibadahnya yang hancur tempat latihan musik dan segala macam. Yang nggak kena itu lobi," tuturnya.

"Diperkirakan 4 lantai. Tapi jelas ini bangunan sudah tidak bisa digunakan lagi," ucapnya.Kosrudin menerangkan gereja Christ Cathedral memiliki 4 lantai. Sumber api berasal dari lantai dua.

Halaman

(aan/gbr)