Warga di Bulukumba Sulsel Sempat Saksikan Fenomena Matahari Bercincin

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 27 Apr 2020 09:02 WIB
Warga di Bulukumba sempat menyaksikan fenomena matahari memiliki cincin (Dok. Andi Afifah)
Foto: Warga di Bulukumba sempat menyaksikan fenomena matahari memiliki cincin (Dok. Andi Afifah)
Makassar -

Warga Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), belum lama ini disuguhi fenomena matahari yang tampak memiliki cincin. Matahari dikelilingi lingkaran cahaya pelangi sempurna seperti cincin.

Fenomena itu muncul pada Minggu (26/4) dan sempat diabadikan oleh warga di Kecamatan Rilau Ale, Bulukumba. Fenomena ini juga sempat viral di media sosial dalam bentuk rekaman video.

Salah seorang warga yang mengabadikan fenomena ini, Andi Afifah (22), mengatakan, kemunculan matahari cincin ini seketika membuat heboh. Dia pun ikut menyaksikan.

"Sekitar pukul 11.58 Wita ayahku yang pertama lihat, beliau bilang kalau 'matahari ada cincinnya'," ujar Andi Afifah kepada detikcom, Senin (27/4/2020).

Andi sendiri mengaku sempat tidak menghiraukan. Namun dia akhirnya memilih keluar rumah menyaksikan lantaran keluarganya semakin ramai dan hal itu membuatnya penasaran.

"Awalnya saya biasa-biasa ji, tapi pas orang-orang rumah heboh karena efek keindahannya, maka saya keluar untuk menyaksikan langsung juga, meskipun silau sekali," tutur Andi.

Alumni Jurusan Farmasi UIN Alauddin Makassar itu mengatakan, kemunculan fenomena matahari cincin tersebut berlangsung cukup lama. Dia pun memiliki cukup waktu untuk merekam fenomena itu hingga viral di media sosial.

"Durasinya sepertinya lebih (dari 5 menit). Karena sempat ka' masuk rumah kurang lebih 5 menit baru keluar lagi ambil gambarnya dan masih ada," kata dia.

'Pelangi Cincin' Melingkari Matahari di Langit Kepulauan Sula:

(gbr/gbr)