Quraish Shihab soal Iktikaf Saat Wabah Corona: Bisa Dilakukan di Rumah

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 24 Apr 2020 18:28 WIB
Prof Quraish Shihab, cendekiawan muslim
Quraish Shihab (Edi Wahyono/detikcom)

Selain iktikaf, terdapat anjuran lainnya yang bisa dilakukan selama Ramadhan di tengah pandemi Corona, salah satunya menyiapkan buka puasa bagi orang yang membutuhkan. Menurut Quraish Shihab, hal ini tidak harus dilakukan di masjid.

"Yang ketiga, yang banyak dianjurkan di bulan puasa itu memberikan buka puasa. Ini tidak ada kaitannya dengan masjid. Bahkan tidak ada kaitannya dengan buka puasa bersama," jelasnya.

Setiap umat Islam, kata Quraish Shihab, tetap bisa melakukan kegiatan menyediakan buka puasa untuk masyarakat dengan cara sederhana. Ia menyebutkan sabda Nabi Muhammad SAW yang mengatakan setiap amalan akan diberikan ganjaran yang setimpal, sekalipun hanya memberikan seteguk air dan sebiji kurma.

"Nabi SAW itu di dalam sabdanya berkata, siapa yang memberi buka puasa, dia akan mendapat ganjaran sesuai ganjaran yang berpuasa itu. Memberi buka, kata Nabi, walaupun hanya dengan seteguk air dan sebiji kurma. Jadi itu bisa dilaksanakan tanpa terpengaruh dengan ini," sebut Quraish Shihab.

"Di bulan puasa, Nabi paling banyak bersedekah. Kita lihat nanti bagaimana kalau di rumah, kita bisa kirim (ke yang membutuhkan)," lanjutnya.

Halaman

(zak/zak)