ADVERTISEMENT

Kecewanya Calon Penumpang di Bandara Hasanuddin karena Larangan Penerbangan

Moehammad Bakrie - detikNews
Jumat, 24 Apr 2020 12:19 WIB
Penumpang di Bandara Hasanuddin Makassar, ilustrasi bandara, bandara, penerbangan
Penumpang di Bandara Makassar (M Bakrie/detikcom)

Seperti diketahui, larangan penerbangan domestik tertuang dalam Permenhub Nomor 25 Tahun 2020. Aturan ini dikeluarkan setelah ada kebijakan yang disampaikan Presiden Joko Widodo soal larangan mudik untuk memutus rantai penyebaran Corona. Khusus larangan penerbangan, ini berlaku di wilayah yang melaksanakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan yang masuk dalam zona merah.

Aturan larangan untuk semua moda transportasi berlaku dari 24 April hingga 31 Mei mendatang. Khusus penerbangan, hari ini masih diperbolehkan.

Juru bicara Kemenhub, Adita Irawati, mengatakan penerbangan penumpang domestik masih diizinkan beroperasi sampai dengan hari ini. Itu untuk melaksanakan kewajiban operator penerbangan melayani penumpang dengan reservasi lama, dan mulai hari ini tidak ada lagi reservasi baru.

"Mengingat karakteristik moda udara yang spesifik, kepada operator penerbangan diberikan kesempatan untuk melaksanakan kewajibannya kepada penumpang sampai dengan hari ini dengan reservasi lama dengan tetap menerapkan protokol kesehatan selama pandemi COVID-19. Mulai hari ini tidak ada reservasi baru," kata Adita dalam keterangan tertulis Kemenhub, Jumat (24/4).


(elz/elz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT