Jelang Ramadhan, MUI: Jadikan Rumah Pusat Ibadah, untuk Cegah Corona

Tiara Aliya Azzhara - detikNews
Kamis, 23 Apr 2020 18:36 WIB
Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam
Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni'am (dok. BNPB)
Jakarta -

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Ni'am Sholeh mengimbau agar seluruh aktivitas keagamaan saat Ramadhan dipusatkan di rumah. Menurutnya, hal ini dapat mencegah meluasnya penyebaran virus Corona (COVID-19).

Awalnya, Asrorun mengucapkan selamat Ramadhan 1441 hijriah. Ia berharap seluruh umat Islam di Indonesia dapat meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.

"Assalamualaikum, saya Asrorun Ni'am Sholeh, Sekretaris Komisi Fatwa MUI, mengucapkan selamat Ramadhan 1441 Hijriah, marhaban ya Ramadhan. Mudah-mudahan Ramadhan 1441 Hijriah ini menjadi momentum untuk kita dalam meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT," kata Asrorun Ni'am dalam video berdurasi 1 menit 41 detik yang dilihat detikcom, Kamis (23/4/2020).

Asrorun pun berbicara mengenai dimensi ilahiyah dan dimensi insaniah. Menurutnya, umat Islam di Indonesia perlu menjalankan ibadah Ramadhan melalui kedua dimensi ini. Ia menjelaskan dimensi ilahiyah berhubungan dengan predikat seorang hamba di hadapan Allah SWT.

"Selama Ramadhan kita bisa melaksanakan aktivitas ibadah, baik ibadah yang berdimensi ilahiyah hubungan kita dengan Allah SWT sehingga kita peroleh predikat insan muttaqin," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2