Kabareskrim Peringatkan Jajaran untuk Serius Kawal Penyaluran Bansos

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 23 Apr 2020 10:20 WIB
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo (Audrey/detikcom)
Jakarta -

Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo memperingatkan para direktur reserse kriminal di 34 provinsi untuk serius mengawal program bantuan sosial (bansos) di wilayah masih-masing di masa pandemi Corona (COVID-19) ini. Sigit menekankan jangan sampai terjadi penyimpangan saat bansos disalurkan.

"Cek jalur (program) PKH, jalur (program) Kartu Prakerja dan bantuan lewat dana desa. Apakah sesuai dengan list yang sudah ditentukan, apakah ada pemotongan terhadap bantuan tunai," tegas Sigit seperti dikutip detikcom dari keterangan tertulis, Kamis (23/4/2020).

Perintah itu dia sampaikan saat melakukan video conference dengan jajaran direktur reserse kriminal polda se-Indonesia di Bareskrim Polri pada Rabu (22/4).

Sigit mengatakan jajaran reserse harus mencegah terjadinya gejolak di masyarakat karena bansos bermasalah. Para direktur diminta berkoordinasi dengan Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dirttipikor) Bareskrim jika mengalami kesulitan dalam pelaksanaan tugas ini.

"Jangan sampai ada gejolak karena jumlahnya berkurang atau tidak sesuai dengan list. Berikan asistensi terhadap bantuan tunai sehingga tidak ada kesalahan. Koordinasi dengan Direktorat Tindak Pidana Korupsi apabila ada kesulitan masalah asistensi di daerah," kata Sigit.

Perppu Corona Digugat, Mahfud: Masyarakat Tak Perlu Khawatir Bansos Mandek:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2