Round-Up

Kisah Miris Warga Kelaparan Minta Nasi, Bupatinya Terjerat Korupsi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Apr 2020 05:03 WIB
Potret memilukan dua warga Muara Enim, Sumatera Selatan kelaparan dan kondisinya mengenaskan. Kini mereka telah di evakuasi ke rumah sakit.
Warga Ditemukan dalam Kondisi Kelaparan di Muara Enim (Foto: Raja Adil Siregar)

Polisi pun menceritakan awal mula pertemuan anggota polisi dengan dua orang itu. Berbekal laporan dari perangkat desa, petugas kemudian mengunjungi rumah dua warga tersebut.

"Kemarin anggota datang ke lokasi karena kegiatan bakti sosial dalam rangka COVID-19. Di lokasi ditemukan ada warga dengan kondisi demikian," terang Donni.

"Ada yang kasih tahu, Bhabinkamtibmas datang bersama Babinsa. Ada perangkat desa dan warga juga mendampingi saat itu," katanya.

Di rumah itu, diketahui ada 3 orang yang tinggal dengan kondisi keterbelakangan mental. Hanya saja saat petugas datang, satu orang sedang tidak di rumah.

"Mereka adik beradik ada 4 orang, jadi 3 tinggal di rumah itu dan satu ini diasuh warga sekitar. Adiknya ini yang ke rumah antar makanan secara rutin," katanya.

"Mereka ini kakak-adik, tinggal di rumah orang tuanya yang sudah lama meninggal," imbuhnya.

Kakak-adik kemudian dibawa ke Puskesmas agar dapat Perawatan. Mereka kemudian ditangani oleh petugas medis

"Sudah kita evakuasi tadi bersama seluruh perangkat desa dan dinas. Sudah ditangani dan dirawat," katanya.

Dalam penanganan tim medis, keduanya bahkan belum dapat diajak komunikasi. Sebab, selain keterbelakangan mental mereka masih dalam kondisi kesehatan yang belum pulih.

Untuk kondisi rumah yang ditemukan tidak ada perabotan dan kosong, Doni menyebut rumah itu sengaja dikosongkan pihak keluarga untuk menghindari hal yang tak diinginkan saat di rumah tak ada yang mendampingi.

"Perabotan, isi dapur, pisau dan sebagainya memang dikosongkan. Jadi keluarga dan warga tidak khawatir terjadi sesuatu kalau tidak ada orang," tutup Donni.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3