Pertamina Bantu APD Senilai Rp 900 Juta ke 18 RS Bhayangkara & Umum

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Rabu, 22 Apr 2020 12:55 WIB
Pertamina
Foto: dok Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) memberikan dukungan kepada Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam upaya penanggulangan pandemi COVID-19 di Indonesia. Bantuan yang diberikan berupa paket alat kesehatan dan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis di 18 Rumah Sakit Bhayangkara dan umum di seluruh Indonesia.

Penyerahan bantuan alat kesehatan dan APD tersebut dilakukan langsung oleh Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, dengan Ketua Umum Bhayangkari, Fitri Idham Aziz. Seremoni penyerahan dilakukan secara online lewat video conference antara Pertamina dengan pihak Polri yang diwakili oleh organisasi Bhayangkari.

"COVID-19 saat ini telah menjadi pandemi global. Tercatat 2 juta lebih kasus di 210 negara dengan jumlah kematian mencapai 150 ribu lebih jiwa," kata Nicke dalam keterangan tertulis (22/4/2020).

Di Indonesia, kata Nicke, hingga 21 April 2020 tercatat 7.135 kasus dengan angka kematian 616 dan sembuh 842 orang. Hal ini tentu menambah beban berat bangsa Indonesia di tengah dinamika kondisi ekonomi global yang terus menurun.

"Pertamina sebagai BUMN yang melayani kebutuhan energi nasional melihat pentingnya untuk segera berperan aktif dalam menangani risiko penyebaran virus Corona serta mempercepat penanggulangan COVID-19 di Indonesia, salah satunya adalah dengan memberikan dukungan penuh kepada pihak-pihak yang berada di garda terdepan dalam penanggulangan COVID-19 ini," jelasnya

Nicke mengatakan Polri sebagai mitra utama Pertamina yang juga berada di garda terdepan dalam penanggulangan pandemi COVID-19 di Indonesia, memiliki 53 RS Bhayangkara yang ditunjuk pemerintah sebagai rumah sakit rujukan untuk menangani pasien COVID-19 di seluruh Indonesia.

"Sebagai bentuk sinergi BUMN dan Polri, melalui Program Pertamina Peduli, Pertamina memberikan dukungan berupa bantuan paket alat kesehatan dan APD tenaga medis untuk 18 RS Bhayangkara dan umum yang berlokasi di seluruh Indonesia. Total bantuan tersebut senilai kurang lebih Rp 900 juta," ujarnya.

Bantuan yang diberikan Pertamina yakni, 1.800 kotak nurse cap, 1.440 pakaian Hazmat, 540 kacamata pengaman (goggle), 540 pasang sepatu boot, 2.160 masker N95, 540 pelindung muka (face shield), 900 pasang sarung tangan dan 75 botol hand sanitizer yang tiap botol berjumlah 5 liter.

Bantuan tersebut diserahkan secara bertahap oleh Pertamina ke RS Bhayangkara melalui organisasi Bhayangkari yang merupakan wadah persatuan istri anggota Polri yang tanggap dan peduli dalam upaya penanggulangan COVID-19 di Indonesia. Nicke mengatakan, dukungan tersebut merupakan bentuk nyata upaya BUMN dan Polri untuk membantu pemerintah Indonesia dalam percepatan penanggulangan COVID-19.

"Melalui dukungan ini, Pertamina berharap semua kasus COVID-19 dapat terlayani sesuai prosedur, dan tim medis yang memberikan layanan juga terlindungi dengan baik," tuturnya.

Sementara itu, Fitri Idham Aziz mengapresiasi bantuan dari Pertamina tersebut. Dia berharap Indonesia bisa segera terbebas dari pandemi Corona.

"Terima kasih atas kerja sama yang selama ini terjalin baik dengan Pertamina. Kami berharap kerja sama ini dapat menjadi inspirasi agar Indonesia segera bangkit dan pulih serta terbebas dari COVID-19," pungkasnya.

Fokus Produksi APD, Anne Avantie Tak Bikin Kebaya di Hari Kartini 2020:

(ega/ega)