Diterima Wagub Riza, Menteri Edhy Serahkan 10,5 Ton Ikan untuk DKI

Yudistira Imandiar - detikNews
Rabu, 22 Apr 2020 12:53 WIB
KKP
Foto: dok KKP
Jakarta -

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan bantuan makanan ikan segar dan ikan olahan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Bantuan tersebut diberikan dalam seremoni Soft Launching Bulan Mutu Karantina yang diselenggarakan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM).

Menteri kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyerahkan secara simbolis bantuan produk ikan kepada Wakul Gubernur DKI Jakarta Riza Patria. Keseluruhan bantuan berjumlah 10,5 ton ikan segar dan olahan ikan seperti ikan beku, ikan kaleng, dan bakso ikan yang dikemas ke dalam 2.100 paket. Selain itu, KKP memberikan 500 paket sembaki berisi beras 5 Kg, minyak goring 1 liter, dan mie instan.

"Kami meberikan bantuan ikan ke Pemda DKI dalam rangka berpartipasi melawan COVID-19. Kepada Pemda DKI kami serahkan 10 ribu kepada Wakil Gubernur Pak Riza Patria 10,5 ton berupa ikan segar dan ikan-ikan olahan)," ungkap Edhy dalam telekonferensi bersama media, Rabu (22/4/2020).

Edhy menjelaskan, bantuan ikan yang diberikan kepada Pemprov DKI Jakarta berasal dari KKP dan sumbangsih para pelaku usaha yang menjadi donator. Ia mengatakan, para pengusaha di sektor perikanan menunjukan antusiasme tinggi untuk membantu penanganan COVID-19 melalui BKIPM KKP.

"Ini semua bantuan dari para pelaku usaha, dari donator-donatur yang ada selain KKP itu sendiri. Alhamdulillah terkumpul cukup banyak dan antusiasme luar biasa ini juga kita berharap bisa ditiru kedirjenan lain," ujar Edhy.

Pemberian ikan untuk dikonsumsi masyarakat, kata dia, diharapkan dapat membantu meningkatkan imun tubuh untuk mencegah infeksi COVID-19. Protein dan omega-3 pada ikan merupakan unsur gizi penting dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh.

"kita tahu ikan mengandung gizi yang luar biasa besar, protein yang tinggi. Protein adalah salah satu zat penguat imunitas, dengan omega-3 nya (ikan) yang di atas 300 hampir 400 (Mg)," imbuh Edhy.

Sementara itu, Riza Patria mengatakan, bantuan produk ikan dari KKP akan diserahkan kepada beberapa golongan masyarakat, seperti nelayan, tenaga medis, serta orang-orang yang membantu penanganan COVID-19 di rumah sakit rujukan. Sasaran utama dari pembagian bantuan tersebut, yaitu Kelurahan kebon Bawang, Sunter, Kampung Bandan, Muara Angke, Tanjung Priok, Gambir, kemayoran, Pasar Minggu, kepulauan Seribu, serta rumah sakit rujukan COVID-19, di antaranya RSPAD Gatot Soebroto dan RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran.

"Terima kasih atas bantuan dari KKP dan pelaku usaha perikanan. Kami segera sampaikan ini ke masyarakat dan ini sangat bermanfaat di tengah situasi yang sulit ini," kata Riza.

(ega/ega)