Pakai Protokol COVID-19, KSAD Lantik Wakasad Mayjen Fachrudin

Elza Astari Retaduari - detikNews
Rabu, 22 Apr 2020 10:49 WIB
KSAD Jenderal Andika lantik Pati TNI AD dengan prokol COVID-19
KSAD Jenderal Andika melantik pati TNI AD dengan protokol COVID-19. (Foto: dok. Dispen TNI AD)
Jakarta -

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa melantik sejumlah perwira tinggi (pati) TNI AD untuk beberapa jabatan, termasuk wakilnya, Wakasad Mayjen Moch Fachrudin. Pelantikan dilakukan menggunakan protokol COVID-19 (Corona).

Pelantikan digelar pada Selasa (21/4) kemarin di Mabes TNI AD, Jakarta. Ada 17 pejabat TNI AD yang dilantik dan melakukan serah-terima jabatan (sertijab). Adapun Mayjen Fachrudin menggantikan Letjen Tatang Sulaiman, yang akan pensiun. Nantinya Fachrudin akan menerima kenaikan pangkat menjadi letjen.

"Letjen TNI Tatang Sulaiman akan memasuki masa purnatugas dan penggantinya, Mayjen TNI Moch Fachrudin, sebelumnya menjabat Asisten Operasi (Asops) KSAD. Keduanya pernah menjabat Pangdam Iskandar Muda.," ungkap Kadispen TNI AD Kolonel Inf Nefra Firdaus dalam keterangan tertulis TNI AD, Rabu (22/4/2019).

Kolonel Nefra pun baru saja dilantik sebagai Kadispenad. Ia menggantikan Brigjen TNI Candra Wijaya, yang kini menjadi Kasdam IX/Udayana Bali. Nantinya Nefra juga akan mendapat kenaikan pangkat menjadi brigjen.

Upacara sertijab dan pelantikan pejabat TNI AD kali ini dilakukan dengan cara berbeda karena mengikuti protokol COVID-19. Pelaksanaannya dilakukan per gelombang.

"Ini mengadopsi protokol kesehatan dalam pencegahan pandemi virus COVID-19. (Sertijab) dilaksanakan tidak sekaligus dan dalam penyelenggaraannya sendiri tetap memperhatikan physical distancing," ungkap Nefra.

Para pati, termasuk Jenderal Andika juga menggunakan masker selama proses pelantikan dan sertijab. Ada beberapa pangdam yang mengalami pergantian, yakni Pangdam V/Brawijaya dari Mayjen R Wisnoe Prasetia Boedi kepada mantan Asintel KSAD Mayjen Widodo Iryansyah.

KSAD Jenderal Andika lantik Pati TNI AD dengan prokol COVID-19KSAD Jenderal Andika melantik pati TNI AD dengan protokol COVID-19. (Foto: dok. Dispen TNI AD).

Kemudian Pangdam Iskandar Muda dari Mayjen Teguh Arif Indratmoko, yang kini menjadi Asintel KSAD, kepada Mayjen Hassanudin, mantan Asrena KSAD. Asops KSAD saat ini dijabat Mayjen Surawahadi, yang sebelumnya menjabat Koorsahli KSAD, dan Asrena KSAD baru pengganti Mayjen Hassanudin adalah Brigjen Hendrasto Joko Saksono.

"Pejabat bintang dua TNI AD lainnya yang melaksanakan sertijab yaitu Komandan Puspenerbad dari Mayjen Stephanus Tri Mulyono kepada mantan Danpussenif, yaitu Mayjen Teguh Pudjo Rumekso, serta Dan Secapaad dari Brigjen Urip Wahyudi kepada Brigjen Ignatius Yogo Priyono," jelas Nefra.

Simak juga video Seorang Pria Mendadak Tewas di Blitar:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2