Pakai Protokol COVID-19, KSAD Lantik Wakasad Mayjen Fachrudin

Elza Astari Retaduari - detikNews
Rabu, 22 Apr 2020 10:49 WIB
KSAD Jenderal Andika lantik Pati TNI AD dengan prokol COVID-19
KSAD Jenderal Andika melantik pati TNI AD dengan protokol COVID-19. (Foto: dok. Dispen TNI AD)

Sedangkan di tingkat Balakpus, selain Kadispenad, yang melaksanakan sertijab adalah Kadisjasad, Kadisjarahad, Kadisinfolatad, dan Kadisibintalad.

"Masing-masing pejabat barunya adalah Kolonel Inf Khairil Anwar Mandailing (Kadisjasad), kepada Kolonel Czi Dr Rachmat S (Kadisjarahad), Kolonel Inf Taufik Budi Lukito (Kadisinfolahatad), serta Kolonel Inf Edison (Kadisbintalad)," terang Nefra, yang merupakan lulusan Akmil 1992.

Nefra pun menjelaskan, beberapa jabatan di TNI AD mengalami peningkatan yang semula dijabat pati bintang dua menjadi pati bintang tiga. Adapun pergantian sesuai aturan baru itu adalah Koorsahli KSAD Mayjen Surawahadi kepada Mayjen R. Wisnoe Prasetja Boedi, mantan Pangdam V/Brawijaya, kemudian Danpuspomad dari Mayjen Rudy Yulianto kepada Letjen Dodik Widjanarko.

Hal tersebut berdasarkan Perkasad Nomor 26 /2019 yang dikeluarkan tanggal 26 Desember 2019. Itu merupakan turunan dari Perpres 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia.

"Beberapa Kabalakpus TNI AD juga mengalami peningkatan, semula dijabat (Pati) bintang satu menjadi menjadi bintang dua dan kali ini yang melaksanakan sertijab yaitu Kapuspalad dan Kapusbekangad," papar Nefra.

"Kapuspalad dari Brigjen TNI Subagyo kepada Brigjen TNI Witjaksono dan Kapusbekangad dari Brigjen TNI Helly Guntoro, SSos, kepada Brigjen TNI Isdarmawan Ganemoeljo, mantan Waaslog Kasad," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Jenderal Andika juga melantik tiga pejabat baru yang merupakan hasil pengembangan organisasi. Mereka yang dilantik adalah Asisten Latihan (Aslat) Kasad, Komandan Pusat Sandi dan Siber Angkatan Darat (Danpussansiad) dan Kepala Dinas Pengadaan Angkatan Darat (Kadisadaad).

"Selain Dandenma Mabesad yang akan diisi pati bintang satu (dari Kolonel Czi Jamalulael kepada Kolonel Czi Haryono), juga dilantik beberapa pejabat baru TNI AD, yaitu Aslat Asops Kasad, Brigjen TNI Harianto, Danpussansiad Brigjen TNI Iroth Sonny Edhie serta Kadisadaad, yaitu Kolonel Arh Hari Arif Wibowo," sebut Nefra.

"Semuanya akan dijabat pati bintang satu. Semoga pergantian jabatan ini dapat semakin meningkatkan kinerja TNI AD dalam memberikan pengabdian yang terbaik bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Termasuk saya sendiri, mohon doa restu agar dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya," sambung pria kelahiran Padang Sidempuan 50 tahun lalu itu.

Halaman

(elz/bar)