Round-Up

Petani-petani di Poso Hilang, Ditemukan dalam Kondisi Nyawa Melayang

Tim detikcom - detikNews
Senin, 20 Apr 2020 22:03 WIB
Ilustrasi jenazah
Foto ilustrasi jenazah (Thinkstock)
Poso -

Dua petani di Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng), yang dilaporkan hilang telah ditemukan dengan kondisi nyawa melayang. Peristiwa tersebut masih menjadi misteri karena kedua petani awalnya dilaporkan diculik orang tak dikenal.

Peristiwa penculikan petani di Poso awalnya terjadi minggu lalu, tepatnya 8 April 2020. Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Didik Supranoto menyebut petani tersebut diculik oleh sipil bersenjata.

"Iya benar, aparat Satgas Tinombala saat ini masih diperjalanan menuju lokasi titik perkebunan korban. Sebelumnya aparat mendapatkan laporan dari istri korban, yang pergi ke kebun sejak Selasa sore" kata Kombes Didik saat dihubungi detikcom, Rabu (8/4) malam.

Menurut Kombes Didik, terakhir dilaporkan korban sedang berada di kaki Gunung Maitangi Dusun Sipatuo, Desa Kilo. Yang mana memakan waktu 5-6 jam, dan hanya bisa di akses dengan berjalan kaki.

"Informasi terakhir, pasukan sempat mendengarkan suara tembakan dari arah pondok korban. Namun kamu belum bisa pastikan, karena sinyal di lokasi cukup jelek. Tapi kami langsung kabarin kalau korban sudah ditemukan," ungkap Kombes Didik.

Kombes Didik mengatakan daerah tersebut merupakan kawasan yang masuk dalam zona pencarian sipil bersenjata oleh Satgas Tinombala.

Selang satu minggu, informasi keberadaan petani yang diculik tersebut menemui titik terang. Mirisnya, polisi menyebut petani korban penculikan itu ditemukan dengan kondisi tanpa kepala.

"Iya benar, korban kami temukan sehari setelah dilaporkan hilang sejak 8 April pekan lalu. Korban ditemukan hanya badan saja di sebuah perkebunan di kawasan pegunungan. Kepala korban maupun pelaku masih diselidiki," ujar Kapolda Sulteng Irjen Pol Syafril Nursal saat dihubungi pada Sabtu (18/4).

Irjen Syafril menyebut bahwa lokasi pegunungan tempat korban ditemukan adalah daerah operasi pengejaran sipil bersenjata yang berada di wilayah Poso.

Selanjutnya
Halaman
1 2