Dear Driver Grab,Yakinkan Diri Sehat Ikutan Rapid Test dengan Cara Ini

Nurcholis Ma'arif - detikNews
Selasa, 14 Apr 2020 15:30 WIB
Ilustrasi Grab, Ilustrasi Ojek Online, Grabbike, Grab Bike
Foto: CNN Indonesia/Harvey Darian
Jakarta -

Grab menggelar program rapid test buat mitra pengemudi yang berisiko terpapar COVID-19. Program ini digelar terhitung sejak tanggal 15 April hingga 30 April 2020 dan akan dilangsungkan di Pool TPI Cilincing.

Dikutip dari situs resmi Grab, Selasa (14/4/2020), pendaftaran rapid test bisa dilakukan mitra pengemudi melalui konsultasi online atau screening terlebih dulu lewat GrabHealth. Konsultasi bisa dilakukan setiap hari Senin hingga Jumat, jam 8 hingga 12 siang, dan berlaku pada 12 April hingga 29 April 2020.

Namun, penutupan pendaftaran harian bisa lebih cepat jika kuota peserta melebihi batas maksimal dan dialihkan keesokan harinya. Saat menggunakan GrabHealth, mitra pengemudi juga bisa menggunakan format REG GRAB DRIVERS.

Saat melakukan pendaftaran, mitra pengemudi juga harus menyiapkan beberapa dokumen di antaranya nama, nomor telepon yang dapat dihubungi atau nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi driver, nomor KTP, alamat email, dan preferensi jadwal tes yang dipilih.

Hasil konsultasi akan menentukan tingkat risiko terhadap COVID-19. Mulai dari level rendah, sedang, maupun tinggi. Untuk mitra yang terindikasi level sedang dan tinggi akan diikutsertakan dalam program rapid test ini.

Pemeriksaan secara cepat (rapid test) menggunakan metode pengambilan darah selama 15 menit pada tempat yang telah ditentukan. Namun alokasi pengetesan bisa memakan waktu hingga maksimal 60 menit.

Saat akan melakukan rapid test, mitra pengemudi diwajibkan menunjukkan WhatsApp konfirmasi undangan. Hasil tes akan dikirim selambat-lambatnya H+1 pukul 5 sore dan dibagikan ke pihak GrabHealth.

Lalu buat mitra pengemudi yang hasil rapid test-nya positif COVID-19, disarankan untuk melakukan konsultasi kembali melalui aplikasi untuk mendapatkan pengarahan lebih lanjut. Sementara Grab akan menonaktifkan akun mitra tersebut sampai dinyatakan sembuh. Mitra tersebut juga berhak menerima paket bantuan yang telah disediakan Grab.

(mul/ega)