Polisi: Kelompok Anarko Rencanakan Vandalisme Massal 18 April

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 11 Apr 2020 17:25 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana didampingi Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Suyudi Ario Seto dan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menunjukkan barang bukti kasus pembobolan kartu kredit perbankan dengan menggunakan virtual account di Polda Metrojaya, Jakarta, Jumat (6/3/2020). Dalam  kasus tersebut polisi menangkap tujuh orang anggota komplotan penipu  dan sejumlah barang bukti
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana (dok. detikcom)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengungkapkan rencana kelompok anarko membuat aksi vandalisme besar-besaran pada medio April ini. Dia menyebut kelompok anarko ingin membuat masyarakat resah sehingga terjadi keonaran.

"Dari hasil membuka handphone, mereka juga akan merencanakan aksi 18 April 2020 akan melakukan aksi vandalisme secara bersama-sama di beberapa kota besar di pulau besar yang tujuannya ada situasi keresahan dimanfaatkan mereka untuk mengajak masyarakat untuk melakukan keonaran dan ajakannya membakar, kemudian menjarah," ujar Irjen Nana saat rilis yang disiarkan live melalui Instagram Humas Polda Metro Jaya, Sabtu (11/4/2020).

"Inilah kelompok ini, jadi mereka memang sudah merencanakan upaya tanggal 18 dan ini membahayakan. Dan kami mensyukuri kelompok ini bisa diungkap sehingga mereka tidak rencana tersebut bisa terungkap," tambahnya.

Coretan vandalisme dari kelompok Anarko di Tangerang Kota (dok. Istimewa)Coretan vandalisme dari kelompok Anarko di Tangerang Kota (dok. Istimewa)

Rencana kelompok ini terungkap setelah lima orang pelaku vandalisme di Tangerang Kota ditangkap. Kelima pelaku membuat coretan di beberapa titik yang berisi provokasi.

Setidaknya ada tiga tulisan yang dibuat oleh kelima pelaku yang tersebar di beberapa titik. Tulisan tersebut ialah 'Kill The Rich', 'Sudah Krisis Saatnya Membakar', dan 'Mau Mati Konyol atau Melawan'.

Selanjutnya
Halaman
1 2