Didukung CT Corp dan Bank Mega, Renovasi RSKI Unair Segera Rampung

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 10 Apr 2020 12:56 WIB
Prof M Nuh saat datang melihat renovasi RSKI
Foto ilustrasi: M Nuh saat meninjau pembangunan renovasi RSKI Unair. (Esti Widiyana/detikcom)
Jakarta -

CT Corp bersama Bank Mega turut mendukung renovasi Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya agar nantinya bisa digunakan merawat lebih banyak pasien virus Corona. Proses pembangunan diharapkan rampung segera.

"Progresnya luar biasa. Kita targetkan 19 April harus rampung semua," kata relawan dari CT Corp, Mohammad Nuh, kepada detikcom, Jumat (10/4/2020).

Renovasi di RSKI Unair dilakukan di lantai 4,5,6, dan 7. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang merupakan Komisaris di Perusahaan CT Corp ini menjelaskan, nantinya bakal ada 40 ICU (Intensive Care Unit) dan 134 HCU (High Care Unit). Bila suda beroperasi, pelayanan untuk pasien Corona bakal dibantu oleh robot.

"Direncanakan, pasien juga bakal dilayani pakai robot dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), untuk mengurangi interaksi antara pasien dengan dokter dan perawat. Robotnya sudah ada," kata Nuh yang pernah menjabat rektor ITS ini.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyetujui hibah Rp 31 miliar untuk mendukung proyek ini, meliputi untuk biaya tenaga kerja baru, biaya operasional, hingga renovasi dan perlengkapan bangunan. CT Corp bersama dengan Bank Mega, Astra, dan Salim Group memberikan donasi peralatan-peralatan, mulai ventilator, city scan, X-ray, dan lainnya. Bantuan itu sebagian besar sudah datang.

Pelayanan terhadap pasien Corona harus prima. ICU dan HCU adalah komponen penting untuk menangani pasien Corona. Diharapkan, bila sudah beroperasi nanti, ICU dan HCU baru di RSKI Unair bisa membantu penanganan pasien COVID-19 secara maksimal.

"Kita sangat bersemangat menyelesaikan ini," kata Nuh.

(dnu/van)