Langgar Batas Waktu Berjualan, Pedagang di Pasar Induk Dibubarkan Satpol PP

Abdy Febriady - detikNews
Jumat, 10 Apr 2020 01:50 WIB
Pembubaran pedagang pasar di Polewali Mandar
Foto: Pembubaran pedagang pasar di Polewali Mandar karena Corona (Abdy Febriady-detikcom)
Polewali Mandar -

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar) dibantu Satpol PP menertibkan para pedagang di sekitar Pasar Induk Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar. Para pedagang nekat berjualan hingga malam hari, yang artinya melanggar batas waktu aktivitas di pasar yang telah diatur pemda setempat.

Pantauan detikcom di lokasi, saat penertiban berlangsung, banyak pedagang yang kaget lantaran mengaku belum mengetahui aturan pembatasan waktu berdagang, bahkan ada yang nekat bertahan dengan alasan hanya berjualan di malam hari.

Ada pula pedagang yang memilih kabur meninggalkan barang dagangannya di trotoar jalan, karena takut saat melihat kedatangan puluhan petugas. Selain diimbau untuk mengemasi barang jualan, petugas juga meminta pedagang untuk segera menutup warung ataupun toko.

Sekretaris Daerah Kabupaten Polewali Mandar, Andi Bebas Manggazali yang memimpin penertiban ini. Dia mengatakan kegiatan pembubaran dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus Corona (COVID-19).

"Dalam rangka pencegahan COVID-19. Kami bukan melarang tapi mengimbau agar masayarakat sadar mengikuti edaran bupati, sehingga tidak terjadi virus, ada dalam edaran bupati (tentang) aturan berjualan " katanya kepada wartawan.

Berdasarkan edaran Bupati Polewali Mandar, aktifitas perdagangan di daerah ini dibagi beberapa bagian, di antaranya perdagangan non pangan hanya boleh dilakukan dari pukul 08.00 sampai 14.00 Wita. Untuk perdagangan kebutuhan pokok dan retail modern dimulai pukul 06.00 sampai 16.00 Wita.

Sedangkan aktifitas perdagangan untuk restoran, cafe, rumah makan dan sejenisnya, dimulai pukul 10.00 Wita sampai 20.00 Wita. Untuk diketahui, penertiban yang bertujuan mencegah penularan virus Corona, dilakukan petugas secara berkelompok tanpa memperhatikan aturan physical distancing.

(aud/aud)