Cegah Corona, Pemkab Sumedang Perpanjang Masa Libur Sekolah & WFH

Yudistira Imandiar - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 18:20 WIB
Pemkab Sumedang
Foto: Pemkab Sumedang
Jakarta -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang memperpanjang masa libur sekolah dan bekerja di rumah untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sumedang. Kebijakan tersebut disampaikan melalui Surat Edaran Bupati Sumedang yang dikeluarkan tanggal 7 April 2020.

Dalam surat edaran tersebut termaktub, masa libur sekolah yang tadinya berlangsung mulai 16 Maret hingga 11 April, diperpanjang hingga 25 April. Sementara itu, anjuran bekerja di rumah atau Work From Home (WFH) untuk ASN Pemkab Sumedang yang mulanya berlaku 18 Maret sampai 14 April, diperpanjang sampai 21 April.

Aturan tersebut dibuat sebagai upaya optimalisasi pencegahan penyebaran COVID-19 di wilayah Kabupaten Sumedang. Berdasarkan keterangan resmi yang diterima detikcom, hingga hari ini, Kamis (9/4/2020) ada 17 orang pasien yang terindikasi positif virus Corona.

Sementara itu, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) jumlahnya menurun dari 677 orang menjadi 249 orang. Penurunan juga terjadi pada jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), kini berjumlah 21 orang dari sebelumnya 37 orang. 16 PDP telah dinyatakan sembuh.

Sampai tanggal 9 April, Pemkab Sumedang telah melakukan rapid test terhadap 1.225 orang. Selain itu ada 58 orang yang telah menjalani rapid test ulang. Hasilnya ditemukan 17 suspect positif COVID-19 yang selanjutnya akan menjalani tes SWAB.

Pemkab juga meminta pemudik yang pulang ke Kabupaten Sumedang untuk mengisolasi diri di rumah selama 14 hari. Dan jika mengalami gejala batuk, demam, sakit tenggorokan, dan sesak nafas agar menghubungi ke nomor 119 atau mendatangi puskesmas terdekat.

(akn/ega)