PT KAI Pastikan Kabar Pembatalan Seluruh Jadwal Kereta saat PSBB DKI Hoax

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 14:44 WIB
Imbas Corona, PT KAI Daop 5 Purwokerto Batalkan 54 Perjalanan
Ilustrasi Kereta (Rinto Heksantoro/detikcom)
Jakarta -

Beredar kabar di media sosial yang menyebutkan bahwa perjalanan kereta api dari dan menuju Jakarta dibatalkan mulai besok. PT KAI memastikan kabar itu tidak benar.

"Menanggapi informasi yang beredar di masyarakat terkait pembatalan seluruh KA dari dan ke arah DKI Jakarta pada masa PSBB (pembatasan sosial berskala besar), kami sampaikan bahwa informasi tersebut tidak benar," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Charunnisa, Kamis (9/4/2020).

Eva mengatakan informasi tersebut bukan dari PT KAI. Dia mengingatkan, masyarakat bisa memastikan jadwal perjalanan kereta api lewat situs resmi ataupun call center.

Eva juga menunjukkan salah satu contoh informasi tidak benar tentang pembatalan perjalanan kereta api. Informasi itu diunggah di media sosial Twitter.

"Dear all, Kami informasikan bahwa perjalanan seluruh KA dari/ke arah Jakarta mulai 10-April s.d 23-April DIBATALKAN/TIDAK JALAN," demikian tertulis dalam posting-an akun @Soviet_Foxtrot. Hal itu tidaklah benar.

Untuk diketahui, mulai Jumat (10/4) akan diberlakukan PSBB. PSBB itu juga mengatur tentang pengurangan penumpang dalam angkutan umum.

"Jumlah kendaraannya tidak berkurang. Dikuranginya pada volume penumpang kendaraan," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Rabu (8/4).

Pandemi Corona, Sanksi Hukum Intai Pembuat dan Penyebar Hoax:

(abw/idh)