Cegah Corona, PGI Sumut Minta Warga Ibadah Jumat Agung dari Rumah

Haris Fadhil - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 13:42 WIB
Gereja-gereja di AS Tolak Larangan Berkumpul Jelang Paskah
Ilustrasi Gereja (DW-SoftNews)
Medan -

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Sumatera Utara meminta umat Kristen melaksanakan rangkaian ibadah Paskah dari rumah. Semua ibadah, termasuk ibadah Jumat Agung, digelar di rumah masing-masing demi mencegah virus Corona.

"Terkait dengan perayaan Paskah, kita satu komando dengan apa yang disampaikan MPH PGI, bahwa seluruh bentuk, termasuk Jumat Agung dan Paskah, diadakan di rumah masing-masing," kata Wasekum PGI Sumut Pdt Bima, Kamis (9/4/2020).

Dia mengatakan tata ibadah nantinya bakal disampaikan oleh pihak gereja ke jemaatnya. Ibadah dari rumah, kata Bima, merupakan bagian dari upaya mencegah penyebaran virus Corona.

"Untuk tata ibadahnya diserahkan kepada masing-masing sinode gereja anggota untuk menyusunnya," tuturnya.

Bima mengingatkan, umat Kristen untuk patuh terhadap anjuran membatasi aktivitas di luar rumah demi mencegah penyebaran virus Corona. Dia mengatakan semua ibadah yang biasa digelar di gereja diubah menjadi ibadah di rumah masing-masing hingga akhir Mei 2020.

"Kita patuh pada anjuran pemerintah untuk berdiam diri di rumah sebagai bagian cara memutus rantai perkembangan COVID-19. Seluruh bentuk kegiatan diadakan di rumah masing-masing hingga akhir Mei 2020," ujar Bima.

Pandemi Corona, Jemaat di Seoul Ibadah di Mobil:

(haf/haf)