Siswi SMA Ungkap Cara Fleksibel dan Tetap Produktif Belajar di Rumah

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 10:07 WIB
Kemendikbud
Foto: Dok Pribadi
Jakarta -

Sejak mewabahnya virus Corona (Covid-19) di Indonesia, banyak aktivitas yang harus dilakukan secara jarak jauh seperti bekerja maupun belajar. Melalui Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease, ada beberapa poin yang ditekankan yaitu pembatalan Ujian Nasional (UN) dan juga pelaksanaan pembelajaran lewat daring (dalam jaringan) atau jarak jauh.

Meskipun tidak diberlakukan lagi UN dalam masa seperti ini, semangat belajar tetap ditunjukkan oleh Siswi Madrasah Aliyah Negeri 13 bernama Vania Febriana (17). Vania merupakan siswi kelas 12 yang sebetulnya akan mengikuti UN, namun karena wabah ini maka pihak sekolah meniadakan UN sesuai surat edaran yang diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Pihak sekolah pun mengganti UN dengan Ujian Sekolah untuk menentukan kelulusan dirinya.

"Untuk kelulusan pakai nilai Ujian Sekolah kak karena UN dihapuskan. Jadi lumayan bingung sih untuk mencari nilai semester akhirnya ini, karena harus belajar dari rumah," ungkap Vania, kepada detikcom, Rabu (8/4/2020).

Vania menjelaskan jika ia masih tetap belajar di rumah, karena ada nilai semester akhir yang harus dikejar walaupun UN sudah ditiadakan dan Ujian Sekolah sudah dilaksanakan.

"Aku kan kelas 12 dan kemarin bulan Februari sebenarnya kita sudah Ujian Sekolah karena Madrasah kan lebih dulu pelaksanaannya. Nah, sekarang karena tipe belajarku ini rasanya lebih enak kalau ketemu langsung dengan guru, jadi aku agak sulit untuk belajarnya kak," ungkap Vania.

Namun Vania mengungkapkan guru-gurunya memberikan arahan dan kemudahan untuk tetap bisa belajar meskipun dari rumah.

"Belajar di rumah sih sendiri sih menurutku masih enak dilakukan karena dapat arahan dari guru. Kayak misalnya guruku kasih tugas pagi, deadline boleh hingga malam atau kadang beberapa hari setelahnya. Kalau disekolah kan waktunya sedikit hehe," ungkap Vania.

Sementara untuk waktu wajib masuk dari sekolahnya sendiri, menurut Vania disesuaikan dengan gurunya masing-masing.

"Biasanya untuk waktu belajar dari sekolah itu, tergantung gurunya kak untuk waktu belajarnya. Kadang ada guru yang pakai aplikasi online yang ada waktu harus login dan mengumpulkan tugas jam berapa," imbuh Vania.

Vania pun membagikan sedikit cara fleksibel dan juga untuk tetap produktif selama belajar di rumah agar tidak mengalami kesulitan atau merasa bosan.

"Karena sekolah aku biasanya ngasih tugas untuk 2 mata pelajaran setiap harinya, aku biasanya belajar mandiri selama 2-3 jam kak, sambil ngemil dan dengerin lagu biar gak bosenin. Selain itu aku juga mendalami materi yang diberikan guru, sehingga biar bisa lebih paham sama tugas yang diberikan kak," jelas Vania.

Vania juga mengungkapkan jika cara belajar dan kelulusan seperti ini merupakan pengalaman unik bagi dirinya. Ia juga mengungkapkan agar wabah Corona, bisa cepat berlalu sehingga dapat bertemu dengan teman-temannya kembali.

"Ini unik banget sih, bisa dibilang kan angkatanku nulis sejarah baru untuk kelulusannya. Semoga wabah ini bisa cepat lewat, karena aku mau wisuda, UTBK, dan daftar ulang kampus sesuai waktunya," pungkas Vania.

(akn/ega)