Sempat Tertahan, 58 Jemaah Umroh Dipulangkan ke Tanah Air Besok

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 19:39 WIB
Arab Saudi yang menutup sementara perjalanan umroh untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. Berikut foto-foto suasana terkininya.
Mekah (AP Photo)
Jakarta -

Sempat tertahan karena kebijakan lockdown di Arab Saudi, 58 jemaah umroh asal Indonesia akan dipulangkan pada Kamis (9/4) besok. Namun mereka nantinya tidak akan menjalani karantina.

"Tidak ada karantina bagi jemaah, mengingat di Bandara Soetta tidak ada tempat karantina," kata Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim lewat keterangan tertulis, Rabu (8/4/2020).

Arfi mengatakan jemaah umroh yang baru tiba akan menjalani pemeriksaan kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta. Mereka akan diberi status clear screening apabila lulus pemeriksaan. Sedangkan apabila ditemukan tanda-tanda COVID-19, akan dirujuk ke rumah sakit.

"Akan dilakukan juga wawancara kesehatan menyangkut riwayat kesehatan dan kontak fisik selama di Arab Saudi, termasuk keluhan adanya demam, batuk, suhu tinggi, dan sesak napas," ujar Arfi.

Jemaah umroh dengan status clear screening akan didata dan diminta melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Data jemaah umroh langsung dikirim ke Dinas Kesehatan domisili mereka untuk dilakukan proses pemantauan kesehatan.

Selanjutnya
Halaman
1 2