Pemkot Palembang Siapkan Rp 200 Miliar untuk Tangani Corona

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 16:04 WIB
Walikota dan Sekda saat menggelar rapat di Palembang (Raja Adil-detikcom)
Wali Kota dan Sekda saat menggelar rapat di Palembang. (Raja Adil/detikcom)
Palembang -

Pemerintah Kota Palembang mengatakan telah menyiapkan dana Rp 200 miliar untuk penanganan virus Corona (COVID-19). Dana tersebut digunakan untuk kegiatan pencegahan hingga bantuan kepada tenaga medis.

"Semua ini kita siapkan untuk penanganan virus Corona. Kita antisipasi," ujar Wali Kota Palembang, Harnojoyo, Rabu (8/4/2020).

Harnojoyo mengatakan pihaknya telah membeli alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis hingga masker untuk masyarakat. Dia mengatakan dana Rp 200 miliar itu berasal dari realokasi anggaran berbagai instansi.

"Ini adalah realokasi anggaran di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD). Tetapi ada juga dana perjalanan dinas, dana biaya operasional kesehatan (BOK), hingga dana alokasi khusus (DAK)," kata Harnojoyo.

Sekda Palembang, Ratu Dewa, mengatakan anggaran yang disiapkan Pemkot berjumlah Rp 116 miliar. Dana tersebut kemudian ditambah lagi hingga berjumlah Rp 200 miliar.

Penambahan anggaran dilakukan karena kasus Corona yang terus bertambah. Dana tersebut juga dimanfaatkan untuk mengurangi dampak ekonomi pencegahan virus Corona terhadap masyarakat.

"Dana digunakan untuk bidang kesehatan, pengamanan bidang ekonomi, dan bidang jaring pengaman sosial. Total keseluruhan Rp 200 miliar," kata

Dewa memastikan masyarakat di Kota Palembang yang dinyatakan pasien dalam pemantauan (PDP) akan diberi bantuan logistik. Dia juga menyebut Pemkot akan meminta universitas mengirimkan mahasiswa fakultas kedokteran tingkat akhir untuk menjadi relawan.

"Secepatnya kita akan layangkan surat ke Universitas Muhammadiyah. Surat untuk menjadikan mahasiswa akhir di fakultas kedokterannya sebagai relawan," katanya.

Duh, 162 Ribu Karyawan Kena PHK Gegara Corona:

(ras/haf)