475 Tempat Tidur Tambahan Disiapkan untuk Pasien Corona di RS Rujukan DKI

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 15:13 WIB
ilustrasi corona
Foto Ilustrasi (Instagram/@alirezapakdel_artist)
Jakarta -

Tempat tidur bagi pasien virus Corona (COVID-19) di rumah sakit (RS) rujukan di DKI Jakarta akan ditambah. Sebanyak 475 tempat tidur tambahan telah disiapkan untuk sejumlah RS rujukan di Jakarta.

"Rumah sakit di sekitar DKI itu sudah menyiapkan jumlah tempat tidur kurang-lebih 475 tempat tidur dan kemarin kami sudah mengadakan pertemuan dengan Dinas Kesehatan DKI dalam waktu dekat sampai tanggal 15 April ini ditingkatkan menjadi 837 tempat tidur," kata Dirut RS Persahabatan Rita Rogayah saat konferensi pers di akun YouTube BNPB, Rabu (8/4/2020).

Penambahan kapasitas tempat tidur diharapkan bisa menampung jumlah pasien rujukan COVID-19 yang terus bertambah. Ke depan, jumlah tempat tidur ini akan terus ditambah.

"Sehingga kemampuan kami setiap saat kami usahakan menjadi meningkat dengan harapan semua yang membutuhkan kasus rujukan bisa kami tangani," ujar Rita.

Rita juga mengatakan agar pasien rujukan COVID-19 dipilah untuk kasus sedang dan berat. Di samping ada pemilahan, pihaknya akan terus menambah kapasitas ruang ICU.

"Jadi sebaiknya memang rumah sakit rujukan itu menangani kasus-kasus yang termasuk klasifikasi kasus sedang dan berat. Untuk kasus yang berat ini pasti diperkirakan membutuhkan ICU. Nah di sinilah tempatnya kami semua rumah sakit di Jakarta akan memperluas kapasitas untuk kasus-kasus ICU," kata Rita.

RS Persahabatan saat ini telah melakukan perluasan bertahap sehingga mampu menyediakan 100 tempat tidur. Sedangkan untuk ruang ICU akan ditingkatkan maksimal 16 tempat tidur.

"Ke depan kasus-kasus yang memang dibutuhkan kasus yang berat kami akan menyiapkan tempat tidur untuk ICU ditingkatkan lagi. RS Persahabatan dengan SDM yang ada saat ini kami akan meningkatkan ruang ICU maksimal 16 tempat tidur," ujar Rita.

"Tapi nanti akan didukung rumah sakit-rumah sakit lainnya di sekitar DKI mungkin kami akan meningkatkan lagi kapasitas untuk ICU-nya sehingga bisa meningkat lebih dari 100 tempat tidur," tambahnya.

Tentang Alat Tes Kilat Corona yang Didatangkan dari Swiss:

(rfs/rfs)